Manfaat Baik Daun Ubi Jalar untuk Kesehatan


Pertanianku — Tidak hanya umbinya yang dapat kita manfaatkan, tetapi daun ubi jalar pun dapat kita olah sebagai sayuran pelengkap menu makanan. Selain rasanya yang enak, pada daun ubi jalar juga mengandung nutrisi yang tinggi.

daun ubi jalar
Foto: Google Image

Wilmer Barrera dan David Picha dari Louisiana State University Agricultural Center yang menerbitkan sebuah studi penelitian di HortScience yang menunjukkan bahwa daun ubi jalar matang dan muda bisa memberikan sejumlah besar vitamin B6 dan beberapa vitamin penting lainnya. Berikut manfaat daun ubi jalar.

  1. Obat bisul

Ambil sepuluh gram daun ubi jalar yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya, daun ubi jalar ditumbuk sampai lumat lalu ditempelkan pada bisul.

  1. Obat demam berdarah

Gunakan satu ikat daun ubi jalar, kemudian rebus dengan satu liter air. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap hari.

  1. Obat rabun

Gunakan setengah genggam daun ubi jalar merah, lalu dicuci bersih dan diparut. Selanjutnya, campur dengan tiga sendok makan air masak dan dua sendok makan madu, kemudian peras dan saring. Minumlah air ramuan yang sudah disaring tersebut tiga kali sehari sampai sembuh.

  1. Obat mabuk perjalanan

Gunakan ubi jalar secukupnya, lalu cuci bersih. Makan sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.

  1. Obat diabetes melitus

Gunakan seratus gram ubi jalar, cuci bersih. Tambahkan lima belas gram kulit labu bligo (Benincasa hispida), dan lima puluh gram biji alpukat. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring dan diminum airnya, sedangkan ubinya dimakan.

  1. Obat sakit tenggorokan

Ambil daun ubi jalar secukupnya yang diperlukan untuk pengobatan. lalu jemur hingga benar-benar kering. Selanjutnya, tumbuk hingga halus dan seduh dengan air panas, kemudian diminum pada pagi hari.

  1. Obat bronchitis
Baca Juga:  Perawatan Tanaman Mahkota Dewa Harus Pakai Cara Ini

Kandungan vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis. Ubi jalar juga dipercaya bisa menghangatkan tubuh (mungkin karena rasa manis serta nutrisi lainnya).

  1. Obat arthritis

Kandungan betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks menjadikan ubi jalar sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi arthritis. Air rebusan ubi jalar bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis.

  1. Obat kanker

Kandungan daun ubi jalar yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati kanker di antaranya betakaroten, anti-oksidan, antikarsinogen utama, dan vitamin C. Kandungan ini sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker, terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan kanker pada organ dalam lainnya.

  1. Obat diabetes

Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Tetapi, tidak berarti kalau pengidap diabetes bisa makan ubi jalar tanpa aturan. Mereka dapat mengganti asupan nasi atau karbohidrat mereka dengan ubi jalar.