Manfaat Bawang Putih yang Jarang Disadari

Pertanianku — Bawang putih menjadi salah satu bahan yang hampir digunakan pada setiap masakan Nusantara. Pasokan bawang putih di Indonesia masih sangat bergantung pada impor. Akan lebih baik jika Anda mencoba menanam bawang putih sendiri di pekarangan rumah karena manfaat bawang putih sangat banyak.

manfaat bawang putih
foto: pixabay

Bawang putih mampu mengeluarkan aroma khas yang berasal dari kandungan minyak eteris yang disebut allicin sudah popular di berbagai belahan dunia. Selain aroma serta rasa, bawang putih semakin populer pada saat orang-orang sudah mengetahui khasiat yang ditimbulkan dari bawang putih.

Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang dihasilkan dari satu rumpun bawang putih. Bawang putih bisa digunakan sebagai obat, terutama obat kolera karena mengandung alliin atau allicin yang tinggi. Bawang putih pun bisa dijadikan obat bisul dan penurun kolesterol dalam darah.

Loading...

Selain menjadi bumbu masakan, bawang putih pun bisa menyembuhkan penyakit tekanan tinggi, rematik, kurang nafsu makan, sakit gigi, terkena gigitan ular, dan batuk.

Menanam bawang putih bisa dilakukan di ketinggian lebih dari 600 mdpl. Bawang putih yang ditanam di dataran rendah akan sulit menghasilkan umbi. Oleh karena itu, bawang putih lebih sering dijumpai di daerah Batu (Malang) dan Lombok Barat. Cara menanam bawang putih sebenarnya cukup mudah jika lokasinya tepat.

Selain dapat memanfaatkan hasil berupa bawang putih, kegiatan menanam pun dapat menjadi aktivitas yang dapat menurunkan stres. Selain itu, pada saat pasokan bawang di pasaran sedang mengalami kendala, Anda tidak usah risau karena bisa menghasilkan sendiri bawang tersebut. Sayuran yang dihasilkan secara organik pun terbilang lebih sehat dibanding sayuran yang dihasilkan secara konvensional.

Dari semua jenis bawang, bawang putih memiliki kandungan gizi yang paling banyak. Bawang ini mengandung vitamin C, mineral P, Ca, dan K. Selain itu, bawang putih juga mengandung Fe dan grup vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Kandungan kalori dalam 100 gram bawang putih mengandung 95 kalori.

Baca Juga:  Tips Jitu Mengatasi Serangan Lalat pada Bibit Jagung Manis

 

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...