Manfaat Bekicot, Pangan Alternatif Bergizi Tinggi

Pertanianku — Walaupun tidak sembarang orang mau mengonsumsinya, manfaat bekicot perlu Anda pertimbangkan. Sebab, sebagai bahan pangan alternatif, bekicot bergizi tinggi. Bekicot merupakan hewan moluska yang berhabitat di pohon, rumput, dan tempat lembap lainnya. Keberadaannya yang disinyalir sebagai hama membuatnya diburu untuk dimusnahkan.

manfaat bekicot
Foto: pixabay

Salah satu kandungan bekicot adalah asam amino triptofan. Triptofan dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini karena triptofan nantinya akan diubah menjadi 5-hydroxytryptophan yang merangsang otak untuk memproduksi hormon seperti serotonin dan melatonin. Hormon inilah yang merangsang suasana bahagia dan juga memperbaiki pola tidur dan nafsu makan.

Dari segi kesehatan, protein yang terdapat pada bekicot baik digunakan sebagai zat pembangun dan memperbaiki otot yang sudah rusak. Protein pada bekicot juga diklaim rendah kalori sehingga baik dikonsumsi.

Loading...

Kandungan lainnya adalah zat besi. Mineral ini bermanfaat mencegah tubuh kekurangan sel darah merah karena zat besi merupakan salah satu komponen pembangun sel darah merah ini. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih berenergi dan juga tidak rawan terkena anemia dan kekurangan darah. Anemia sendiri bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi.

Manfaat bekicot yang lainnya adalah baik untuk tumbuh kembang saraf manusia. Bekicot mengandung vitamin B12 yang berperan penting dalam menjaga sistem darah. Vitamin B12 memiliki nama lain asam folat, yang juga merupakan molekul penting dalam pembuatan sel darah merah yang beredar di pembuluh darah membawa oksigen.

Selain zat besi, mineral lain yang terkandung dalam bekicot adalah magnesium. Mineral ini berfungsi menjaga tekanan darah, memperkuat tulang, serta menjaga detak jantung agar tetap normal.

Tidak hanya itu, manfaat bekicot juga sudah lama dilirik dari segi kesehatan kulit dan kecantikan. Bukan daging atau cangkang bekicot, bagian dari hewan ini yang dimanfaatkan untuk kesehatan kulit adalah lendirnya.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Obat Diare dari Kulit Manggis

Lendir bekicot dipercaya dapat menghilangkan flek hitam. Kini, sudah banyak perawatan tubuh dan wajah yang menggunakan lendir bekicot sebagai salah satu bahan utamanya. Penggunaan secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan mulus. Begitu juga lendir bekicot ini dipercaya dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.

Loading...
Loading...