Manfaat Belimbing Manis untuk Obat Herbal

Pertanianku — Buah belimbing memiliki rasa asam manis yang segar serta bersifat netral, sedangkan bagian bunganya memiliki rasa manis dan netral. Tak hanya bagian buah dan bunga, bagian batang, daun, dan akar juga bisa digunakan untuk obat herbal. Manfaat belimbing manis sangat banyak untuk mengobati berbagai macam penyakit karena mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, serta vitamin A, B, dan C.

manfaat belimbing manis
foto: pertanianku

Anda bisa merasakan manfaat belimbing manis secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi ramuan. Berikut ini beberapa resep ramuan yang dapat dibuat dari belimbing manis untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Diabetes melitus dan penurun kolesterol

Pilih dua butir belimbing manis matang, lalu makan setiap hari selesai makan malam untuk menurunkan kadar kolesterol serta meminimalisir penyakit diabetes melitus.

Darah tinggi

Makanlah 1 butir belimbing manis yang sudah masak ataupun yang masih hijau setiap selesai sarapan dan makan malam untuk menurunkan kadar darah yang tinggi.

Influenza dan sakit tenggorokan

Cuci bersih sekitar 90—120 gram buah belimbing manis dan haluskan menggunakan blender, lalu saring untuk memisahkan antara air dengan ampasnya. Minum air jus belimbing secara rutin sebanyak 1 kali sehari.

Kencing batu

Rebus 3—5 butir belimbing manis dengan 1 gelas air, lalu tambahkan madu secukupnya atau sesuai dengan selera Anda. Biarkan hingga mendidih, lalu minum ramuan selagi masih hangat satu kali sehari.

Lever

Cuci bersih 12—15 gram akar belimbing manis kering, lalu rebus dengan 1 gelas air hingga airnya menyusut menjadi ½ gelas. Setelah itu, dinginkan air rebusan. Minum air rebusan sehari sekali secara teratur.

Malaria

Cuci bersih 15—24 gram bunga kering dan seduh dengan 1 gelas air panas. Minum ramuan sekaligus selama masih hangat sebanyak 2 kali sehari secara rutin dengan dosis yang sama.

Baca Juga:  Jenis-jenis Setek dan Tanaman yang Dapat Diperbanyak Melalui Setek

Mencegah aneka kanker

Cuci bersih 12 helai daun belimbing, ½ lembar daun pepaya muda, 6 helai daun ceremai muda, 3 helai daun bayam merah, dan 2 buah wortel seukuran jari tangan. Blender semua bahan dan tambahkan 1,5 gelas air matang, lalu saring airnya. Tambahkan 3 sendok makan madu. Ramuan ini dapat diminum 3 kali sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

 

 


loading...