Manfaat Belimbing untuk Kesehatan


Pertanianku – Belimbing atau buah yang memiliki nama ilmiah Averrhoa carambola diyakini berasal dari Ceylon dan Maluku. Belimbing banyak ditanam di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia, Malaysia, Cina Selatan, Taiwan, dan India.

Manfaat Belimbing untuk Kesehatan

Belimbing merupakan salah satu buah tropis yang sangat rendah kalori. Untuk 100 gram belimbing mengandung 31 kalori. Meskipun demikian, belimbing banyak mengandung nutrisi penting, seperti antioksidan, mineral, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat belimbing yang wajib Anda ketahui.

  • Tinggi serat

Manfaat belimbing jika dikonsumsi dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam makanan dalam usus. Serat juga membantu melindungi selaput lendir pada usus besar dari paparan zat beracun dengan jalan mengikat bahan kimia penyebab kanker usus. Sekali lagi, makanan berserat baik untuk yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan.

  • Rendah kalori dan menyehatkan

Manfaat belimbing jika dikonsumsi sangat baik untuk orang yang sedang diet untuk mengurangi asupan kalori per hari.

  • Mengandung antioksidan flavonoid

Belimbing termasuk dalam buah yang kaya antioksidan. Dalam hal ini adalah antioksidan dari polifenol flavonoid. Beberapa jenis flavonoid penting adalah quercetin, epikatekin, dan asam galat. Kadar polifenol dalam buah belimbing adalah 143 mg/100 g. Senyawa ini akan membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

  • Kaya vitamin C

Belimbing mengandung banyak vitamin C. Vitamin C diketahui merupakan antioksidan alami yang kuat. Tiap 100 g belimbing segar menyediakan 34,7 mg atau setara dengan 57% dari nilai kebutuhan tubuh akan vitamin C harian. Secara umum, konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya dari infeksi, flu, serta radikal bebas.

  • Kaya vitamin B

Vitamin B adalah vitamin esensial, termasuk dalam vitamin penting dibutuhkan tubuh setiap hari. Belimbing juga merupakan sumber vitamin B kompleks,  seperti folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Secara bersinergi jenis-jenis vitamin ini akan membantu sebagai kofaktor enzim  metabolisme,  serta digunakan untuk berbagai fungsi sintetis dalam tubuh.

  • Mengandung kalium
Baca Juga:  Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan

Belimbing mengandung beberapa mineral dan elektrolit, seperti kalium, fosfor, seng, dan zat besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang diperlukan untuk membantu mengendalikan detak jantung serta mencegah pengaruh buruk dari natrium. Dengan demikian, buah belimbing juga bagus untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

loading...
loading...