Manfaat Beluntas Ampuh Mengusir Bau Badan


Pertanianku – Beberapa orang pasti mempunyai masalah pada bau badan. Hal ini dapat mengganggu aktivitas seseorang karena bau badan tersebut membuat tubuh tidak nyaman serta orang-orang di sekitar pun akan menjadi risih jika berdekatan dengan seseorang yang berbau badan. Cara menyiasati bau badan biasanya seseorang menggunakan parfum. Pemakaian parfum bukan berarti bau badan pada tubuh seseorang akan hilang. Parfum hanya dapat menyamarkan bau badan karena wangi yang dihasilkan parfum yang bersifat pekat menyebar ke seluruh tubuh. Namun  tahukah Anda ada cara alami mengusir bau badan?

MANFAAT BELUNTAS AMPUH MENGUSIR BAU BADAN

Tahukah Anda tanaman beluntas? Tanaman beluntas merupakan tanaman berkhasiat yang tumbuh di semak belukar dan biasanya tumbuh liar begitu saja, bahasa latinya disebut Plucea indica. Tanaman beluntas jika tumbuh subur dapat mencapai dua meter, daunnya berwarna hijau, berbentuk bulat telur, bertangkai pendek dengan letak berseling, tepi daun bergerigi.

Daun beluntas mengandung senyawa alkaloid, minyak atsiri, flavonoid, dan tannin, bersifat antibakterial. Tanaman beluntas yang beraroma kuat ini bermanfaat mengusir bau badan secara ampuh, dengan cara meminum air rebusan. Bisa juga mengukus daun beluntas lalu memakannya dengan nasi. Jika di lakukan secara rutin, bau badan perlahan berkurang.

Daun beluntas juga dapat diolah menjadi sayur dengan menambahkan  sayur lainnya seperti daun pakel muda, pucuk daun komfre, daun kemangi, wortel, kemudian tambahkan bumbu seperti cabai, kencur, daun jeruk, garam, dan parutan kelapa. Jika menyantap daun beluntas, tidak hanya bau badan yang hilang bau mulut yang kurang sedap pun juga akan hilang.

Baca Juga:  Kitolod, Obat Tetes Mata dari Alam
loading...
loading...