Manfaat Benang Putih yang Ada pada Buah Pisang


Pertanianku — Saat Anda hendak makan buah pisang, setelah mengupas kulitnya Anda pasti akan melihat ada benang-benang berserat warna putih di permukaan daging buahnya. Nah, sebenarnya apa manfaat benang putih yang ada pada buah pisang itu?

manfaat benang putih yang ada pada buah pisang
Foto: Pixabay

Ternyata benang-benang tersebut memiliki nama, yaitu benang floem. Bagi sebagian orang itu hanyalah serat kulit pisang yang keberadaannya sangat mengganggu ketika hendak menikmati buah pisang. Namun bagi buah itu sendiri, floem sangat penting fungsinya.

Floem bukan bagian dari daging buah, dan bukan juga bukan bagian dari kulitnya. Benang floem terdapat di antara kulit dan daging buah pisang serta memiliki fungsi yang penting.

Mungkin Anda pernah mempelajari ‘phloem’ dan ‘xylem’ saat pelajaran biologi di sekolah. Kedua istilah tersebut menggambarkan jaringan kompleks yang mengantarkan makanan dan air pada tanaman. Jaringan tersebut berfungsi memberikan makanan, nutrisi, mineral, dan air agar tumbuh.

Mirip seperti pembuluh darah bagi manusia, floem adalah pengantar nutrisi bagi pisang sehingga bisa bertumbuh dan besar dan siap dipanen.

Meski terasa agak pahit, benang floem tersebut aman untuk dikonsumsi. Benang putih floem ini memang bisa dikonsumsi jika Anda enggan membuangnya saat sedang mengupas buah pisang.

Ini sama sekali tidak berbahaya, justru dapat memberi tambahan manfaat untuk tubuh karena seratnya yang lebih padat dibanding daging buah pisang.

Baca Juga:  Cara Memangkas Tanaman Tomat yang Baik dan Benar