Manfaat Beras Basmati untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku — Beras basmati berasal dari India dan Pakistan, ukurannya lebih panjang dan lebih ramping daripada beras asal Indonesia. Ada dua jenis beras basmati yang bisa Anda jumpai, yaitu cokelat dan putih. Beras basmati memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari diet hingga menjaga kesehatan otak. Berikut ini deretan manfaat beras basmati untuk kesehatan tubuh.

manfaat beras basmati
foto: Pixabay

Menurunkan berat badan

Beras basmati mengandung protein yang lebih banyak dibanding beras putih. Sementara itu, kandungan karbohidrat beras ini lebih rendah daripada beras putih. Banyak sumber yang menilai beras ini cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menurunkan berat badan.

Beras basmati cokelat dinilai lebih sehat dibanding beras basmati putih dan beras putih biasa. Beras basmati cokelat termasuk biji-bijian seperti oat dan quinoa. Beras ini kaya akan serat, vitamin B, zat besi, folat, potassium, dan magnesium yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, banyak pegiat gaya hidup sehat yang mengonsumsi beras ini.

Mengontrol kadar gula darah

Nasi putih dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tingginya risiko gangguan metabolisme seperti obesitas dan diabetes. Beras basmati cokelat diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya. Khasiat ini bisa dimanfaatkan oleh penderita diabetes tipe 2.

Menjaga kesehatan jantung

Di dalam beras basmati cokelat mengandung serat 20 persen lebih banyak dibanding beras lainnya. Serat berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko terjadinya tekanan darah tinggi. Kedua penyakit tersebut merupakan faktor utama yang dapat memicu penyakit jantung. Kandungan arsenik beras basmati terbilang rendah sehingga beras ini aman untuk penderita penyakit jantung.

Baca Juga:  Budidaya Lada di Pot

Menjaga kesehatan otak

Satu porsi nasi basmati mengandung 22 persen kebutuhan vitamin B1 atau tiamin untuk tubuh. Nutrisi tersebut berperan penting menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit ensefalopati Wernicke. Selain itu, beras basmati juga mengandung selenium dan folat yang tinggi. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak pada penderita gangguan mental dan mengobati penyakit Alzheimer.