Manfaat Berenang untuk Anjing

Pertanianku — Selain berlari, anjing juga bisa diajak berenang. Aktivitas berenang dapat bermanfaat sebagai bidang olahraga yang aman bagi anjing, aman untuk otot dan persendiannya karena sendi pada kaki tidak menahan beban tubuh. Durasi berenang 5 menit sama saja dengan berlari sejauh 8 km. Manfaat berenang lainnya bagi anjing ialah meningkatkan fungsi kerja paru-paru dan jantung.

manfaat berenang
foto: Pixabay

Saat anjing berenang, dada anjing mendapatkan tekanan dari air sehingga memaksa anjing untuk bernapas dengan bebas sehingga otot-otot di bagian pernapasan akan terbentuk dengan baik dan sempurna.

Berenang yang dilakukan secara teratur dapat bermanfaat sebagai terapi pada anjing yang tengah mengalami sakit atau cedera. Terapi yang dilakukan dengan berenang dinamakan hydrotherapy. Terapi ini sering diterapkan pada anjing yang sedang mengalami sakit atau  cedera di bagian kakinya. Sementara itu, anjing yang tengah mengalami patah tulang di bagian kaki atau cedera berat cenderung memerlukan waktu yang cukup lama untuk beristirahat.

Anjing yang cedera berat baru bisa melakukan terapi setelah sembuh. Terapi tersebut sangat berguna untuk melatih anjing berjalan dengan baik seperti sedia kala.

Manfaat berenang juga bisa dirasakan oleh anjing yang sedang menderita hip dysplasia (HD), yaitu formasi persendian di pangkal paha yang tidak baik.

Untuk anjing yang dalam kondisi normal dan sehat, berenang sangat berguna untuk meningkatkan stamina tubuh tanpa memerlukan waktu yang lama.

Anjing tidak bisa langsung diajak berenang, hewan peliharaan ini harus dikenalkan terlebih dahulu dengan air pada saat pertama kali latihan berenang. Setiap anjing memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada anjing yang senang dengan air dan tidak suka air. Untuk anjing yang suka air, proses perkenalan dengan air mungkin akan berjalan cepat. Namun, untuk anjing yang jarang bersentuhan dengan air kemungkinan proses pengenalan berjalan lebih lama.

Baca Juga:  Mengenal Hiu Kalabia yang Senang Berjalan Menyusuri Gelapnya Lautan

Untuk pemula, proses latihan cukup dilakukan dua menit selama satu minggu. Setelah itu, waktu latihan bisa ditambah secara bertahap. Yang perlu Anda ketahui ialah waktu latihan yang sebentar sudah dapat menguras sebagian besar tenaga anjing. Setelah itu, anjing butuh waktu untuk mengembalikan tenaga yang hilang akibat berenang.