Manfaat Bertanam Sayur di Pot

Pertanianku — Bertanam sayur sudah bisa dilakukan di mana saja dan dengan cara apa saja. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menanam sayur karena kegiatan ini merupakan kegiatan positif. Bertanam sayur di pot menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang memiliki lahan terbatas.

bertanam sayur di pot
foto: pertanianku

Bertanam sayur di pot bisa dilakukan oleh semua kalangan dan bisa menjadi media pembelajaran yang baik untuk anak-anak. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari bertanam sayur di pot, simak ulasan berikut.

Bisa untuk usaha skala kecil

Kegiatan sampingan ini bisa menjadi usaha skala kecil atau rumah tangga yang bisa dilakukan dengan mudah. Hasil yang didapatkan bisa Anda tawarkan kepada tetangga atau penjual sayur yang lewat di depan rumah. Meskipun penghasilan yang didapatkan tidak besar, setidaknya kegiatan ini bisa menjadi media pembelajaran untuk berbisnis sayuran.

Mudah dipelihara

Sayur yang ditanam di dalam pot cukup mudah dipelihara karena bisa diatur sesuai dengan kondisi. Anda bisa dengan mudah memindahkan pot sayuran ketika posisinya dirasa kurang tepat. Pengendalian hama pun bisa dilakukan dengan mudah.

Minim risiko serangan hama lewat akar

Sayuran yang ditanam pada lahan pertanian rentan terkena serangan hama dan penyakit melalui akar kecil. Sayuran yang ditanam dalam pot lebih minim risiko terkena penyakit melalui cara tersebut. Jika tanaman tetap terserang, penanganannya akan jauh lebih mudah.

Menghemat pemakaian pupuk

Saat Anda menanam sayur di dalam pot, penggunaan pupuk akan jauh lebih efisien karena takarannya dihitung berdasarkan jumlah pot. Dengan begitu, kecil kemungkinan ada pupuk yang terbuang percuma.

Sayuran hijau

Tanaman sayuran yang mudah ditanam di dalam pot adalah sayuran hijau. Namun, sayuran buah juga tetap bisa ditanam di dalam pot.

Baca Juga:  Keong Mas, Hama Padi yang Harus Segera Dikendalikan

Bisa menjadi penghias

Pot sayuran yang dipelihara di pekarangan bisa menjadi penghias pekarangan yang multifungsional.

Meredam stres

Menanam bisa menjadi kegiatan positif yang berguna untuk meredam stres. Waktu luang yang Anda miliki bisa digunakan untuk bertanam sehingga tubuh menjadi bergerak karena aktivitas menanam. Hal ini tentu saja dapat menyehatkan fisik serta mental Anda.

 


loading...