Manfaat Beternak Sapi di Dekat Kebun Sawit

Pertanianku — Lokasi beternak sapi yang dipilih bisa menentukan kelancaran usaha Anda. Salah satu kriteria lokasi yang bagus digunakan adalah yang dekat dengan sumber pakan ternak. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam pemenuhan pakan untuk sapi.

beternak sapi
foto: pertanianku

Ada banyak tanaman dan bahan baku lainnya yang bisa diolah menjadi pakan alternatif bagi sapi. Pakan tersebut bisa menyuplai kebutuhan gizi sapi dengan harga yang jauh lebih murah karena mudah didapatkan di sekitar area peternakan. Pakan merupakan salah satu kebutuhan penting yang harus dipenuhi selama proses pemeliharaan. Komposisinya di dalam biaya produksi pun cukup besar.

Jika biaya pakan bisa diefektifkan, biaya produksi pun bisa ditekan. Oleh karena itu, sangat penting mempertimbangkan lokasi yang digunakan terkait dengan sumber bahan pakan. Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan pakan sapi adalah limbah kelapa sawit.

Loading...

Limbah merupakan hasil sampingan yang didapatkan dari proses pengolahan. Kelapa sawit menghasilkan hasil sampingan berupa pelepah kelapa sawit dan bungkil inti sawit, lumpur sawit, serabut perasan buah sawit, tandan kosong, dan cangkang. Seluruh limbah tersebut masih bisa dimanfaatkan menajdi bahan baku untuk pakan sapi.

Pemanfaatan untuk pakan sapi juga berguna untuk mengatasi hasil sampingan yang berpotensi mengotori lingkungan jika tidak diolah.

Anda bisa bekerja sama dengan pihak kebun kelapa sawit untuk memanfaatkan hasil limbah tersebut. Sebenarnya, sistem perkebunan sawit yang terintegrasi dengan peternakan sapi sudah digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Cara pengolahan ini termasuk Low External Input and Sustainable Agriculture (LEISA) yang sudah populer di luar negeri.

Limbah kelapa sawit tersebut bisa diolah menjadi pakan sapi yang diberikan untuk pembibitan sapi, penggemukan, serta industri pakan ternak ruminansia lainnya.

Baca Juga:  Penyebab Produksi Ayam Petelur Menurun dan Panen Kurang Maksimal

Sistem integrasi ini sebenarnya bisa menciptakan zero waste yang sangat ramah lingkungan dan menguntungkan semua pihak. Pemanfaatan limbah kelapa sawit menguntungkan pemilik kebun karena bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari limbah kelapa sawit. Keuntungan juga dirasakan oleh peternak atau produsen pakan ternak karena bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang lebih murah.

 

Loading...
Loading...