Manfaat Beternak Unggas Bagi Masyarakat


Pertanianku — Unggas adalah hewan yang termasuk kelas aves dan telah didomestikasikan juga dikembangbiakkan agar bernilai ekonomis bagi manusia. Namun, tahukah Anda manfaat beternak unggas tak hanya dari segi ekonomi.

manfaat beternak unggas
Foto: Shutterstock

Seperti diketahui, secara umum, unggas merupakan kelompok hewan bersayap yang berkembang biak dengan cara bertelur. Daging unggas termasuk salah satu makanan bergizi tinggi yang paling dapat diterima oleh setiap orang.

Beberapa jenis hewan unggas ialah ayam, itik, bebek, angsa, serta burung puyuh banyak diternakkan oleh masyarakat, baik dalam skala kecil maupun yang diupayakan secara profesional dengan teknologi peternakan yang modern.

Manfaat beternak ayam

Beternak ayam memiliki banyak manfaat karena ayam merupakan penghasil daging dan telur yang sangat digemari masyarakat. Dengan beternak ayam secara teratur, akan banyak hasil yang diperoleh nantinya. Selain itu, ayam akan menghasilkan daging dan telur yang mengandung protein hewani yang baik untuk kebutuhan manusia.

Kotoran ayam bisa kita kumpulkan kemudian dijadikan pupuk untuk kesuburan tanah dan membantu pertumbuhan tanaman. Pembibitan ayam bisa dilakukan sendiri dan lebih mudah. Ayam juga sering digunakan untuk acara adat. Dagingnya digunakan untuk makanan khas syukuran sehingga beternak ayam sangat menguntungkan jika dikelola dengan baik. Beternak ayam masuk dalam kategori usaha rumahan untuk membantu pendapatan keluarga atau rumah tangga.

Manfaat beternak puyuh

Ternak puyuh dapat dijadikan usaha sampingan dengan keuntungan cukup baik. Tubuh puyuh kecil sehingga bisa diusahakan di lahan sempit. Misalnya, di ruangan seluas 5×3 m saja dapat dipelihara 1.000 ekor puyuh.

Puyuh juga bisa dijadikan panganan dengan sumber gizi yang sangat baik dan bercita rasa lezat karena kandungan proteinnya setara ikan laut. Unsur kalsium membantu proses penggumpalan darah dan pembentukan tulang. Baik dikonsumsi ibu hamil yang mengalami gejala anemia. Kandungan zat besinya cukup untuk menghindarkan kekurangan darah. Kandungan tembaga dan vitamin berguna untuk pembentukan tulang.

Baca Juga:  Vaksin Anti Flu Burung Ayam Petelur Telah Diluncurkan

Mengonsumsi telur puyuh secara rutin dipercaya membantu pertumbuhan pada anak, menguatkan tulang, membantu proses berjalan pada usia balita, dan menghaluskan kulit. Limbah kotorannya kaya protein sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pakan lele atau pupuk tanaman.

Manfaat beternak itik

Pemanfaatan ternak itik masih sangat beragam. Ternak itik bisa dimasukkan kategori usaha rumahan dan untuk membantu pendapatan keluarga atau rumah tangga. Daging dan telur itik banyak dicari oleh masyarakat umum. Salah satunya untuk dibuat lauk dan telurnya dibuat telur asin. Bahkan, kotorannya pun bisa sering dijadikan pupuk untuk tanaman atau kebun. Ternak itik juga bisa dijadikan hobi.

Harga telur itik lebih mahal dibanding harga telur ayam. Bahkan, harga telur itik lebih stabil. Namun demikian, jangka berproduksi itik lebih lama daripada ayam.