Manfaat Biji Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pertanianku— Selama ini buah anggur terkenal sebagai salah satu buah yang kaya nutrisi. Namun, masih sedikit orang yang menyadari bahwa biji anggur juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan, saat ini sudah ada beberapa produk kecantikan yang menggunakan minyak biji anggur atau grapeseed oil sebagai bahan bakunya. Untuk Anda yang masih belum mengetahui manfaat biji anggur, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

manfaat biji anggur
foto: Pertanianku

Menangkal radikal bebas

Biji anggur mengandung antioksidan dan zat antikanker berupa pro-antosianidin yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab kanker. Antosianidin merupakan flavonoid berwarna merah-biru. Zat ini sudah terbukti mampu menangkal radikal bebas 20 kali lebih efektif dibanding vitamin C dan 50 kali lebih efektif daripada vitamin E.

Mencegah stroke

Biji anggur mengandung endungeoned pycnogenol yang merupakan zat penguat kolagen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah yang rentan terjadi pembekuan.

Meningkatkan kekuatan tulang

Mineral kalsium (Ca) pada buah anggur bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang. Perempuan lebih rentan terkena osteoporosis karena mengalami siklus menstruasi dan melahirkan. Oleh karena itu, konsumsi buah anggur dapat membantu mencegah osteoporosis.

Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan antioksidan membantu menangkal radikal bebas pada tubuh. Selain itu, antioksidan juga meningkatkan imunitas tubuh.

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat biji anggur pada dunia kecantikan kulit adalah menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan E pada biji anggur dapat membantu memperbaiki sel kulit dan juga mencegah masalah kulit, seperti kulit keriput dan flek hitam.

Kandungan antimikrobial di dalam biji anggur dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat dengan membasmi bakteri yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Vitamin yang terdapat di dalam minyak biji anggur dapat mempertahankan tingkat kelembapan kulit dan mendorong perbaikan kolagen sehingga kulit terasa lebih lembut dan kenyal.

Baca Juga:  Khasiat Kayu Sintok sebagai Obat Herbal

Minyak biji anggur juga mengandung antioksidan kuat dan disebut proanthocyanidin. Antioksidan ini mampu meratakan warna kulit jika digunakan secara rutin. Kandungan tersebut juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan dampak buruk pada kulit.