Manfaat Biji Wijen Hitam

Pertanianku— Penggunaan biji wijen pada masakan sudah bukan menjadi hal asing bagi masyarakat Indonesia. Wijen merupakan tanaman yang bijinya bisa digunakan utnuk menghasilkan minyak atau digunakan sebagai bahan campuran. Biji wijen yang bisa dijumpai ada dua, yakni wijen hitam dan wijen putih. Manfaat wijen hitam dan wijen putih hampir sama karena kandungan yang terdapat di kedua jenis wijen tersebut hampir sama.

manfaat wijen hitam
foto: pixabay

Wijen atau Sesamum indicum L. adalah tanaman tropis yang toleran terhadap kekeringan. Tanaman wijen dapat tumbuh baik daerah dengan curah hujan kecil, sekitar 450—600 mm. Wijen termasuk tanaman semusim yang sudah bisa dipanen ketika berumur 2,5—5 bulan setelah tanam.

Tidak hanya bijinya, daun wijen juga bisa dikonsumsi. Biji wijen mengandung 35—65 persen minyak, gliserida, sesamin, sesamolin, sesamil, lignans, pedalin, plateose, sitokrom C, protein, prantosa, lipase, vitamin A, B1, E, antioksidan, serta alanine atau lignin. Biji wijen tidak mengandung kolesterol sehingga aman digunakan oleh penderita kadar kolesterol tinggi.

Loading...

Biji wijen sering diolah menjadi minyak goreng berkualitas tinggi sehingga banyak masyarakat yang senang menggunakan minyak wijen. Bahkan, minyak wijen menyandang predikat ‘Rajanya Minyak Nabati’ karena menyehatkan untuk tubuh dan tidak mengandung kolesterol yang berbahaya. Minyak wijen juga terkenal memiliki daya awet yang lebih tinggi serta dapat menjaga kualitas makanan.

Pada dasarnya, wijen putih dan wijen hitam memiliki kandungan yang hampir sama. Perbedaannya hanya terdapat pada kadar abu wijen hitam yang lebih besar dibanding wijen putih.

Selain itu, wijen hitam beraroma lebih tajam dibanding wijen putih yang cenderung lebih wangi dan ringan. Wijen hitam lebih sering digunakan sebagai campuran kue.

Wijen hitam memiliki beberapa manfaat, di antaranya mengurangi risiko kerusakan otak yang disebabkan oleh kandungan racun yang ada di dalam otak, mengobati penyakit diabetes karena wijen hitam mampu mengurangi gula darah lebih cepat, serta meningkatkan fungsi sel beta pankreas.

Baca Juga:  Ciri-ciri Tanah Pertanian yang Subur

Wijen hitam juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan karena wijen hitam mengandung asam lemak omega-6, kalsium, zat besi, lemak baik, magnesium, serat, fosfor, antosianin, dan flavanones.

Biji wijen hitam juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi karena mengandung kalsium di dalamnya.

Loading...
Loading...