Manfaat Bligu, si Buah Berbulu

PertaniankuManfaat bligu, si buah yang ketika masih muda memiliki bulu ini memang belum banyak diketahui orang. Bahkan, tanamannya pun belum terlalu menarik minat pembudidaya. Hanya segelintir orang yang mengonsumsi buah ini secara rutin. Olahan bligu yang umum di masyarakat antara lain dijadikan sayur.

Manfaat bligu
Foto: pixabay

Namun siapa sangka, Benincasa hispida ini memiliki manfaat yang tak kalah dari buah dan sayur yang biasa dikonsumsi. Buah yang memiliki nama lain kundur ini memiliki manfaat bagi kesehatan, tubuh, dan lainnya.

Menguatkan tulang dan gigi

Bligu mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Konsumsi bligu secara rutin mampu membuat tulang dan gigi lebih kuat karena dua mineral tersebut.

Meredakan stres dan depresi

Buah yang punya banyak nama ini bisa membantu meredakan stres. Buah bligu bisa membantu mengaktifkan hormon dopamin dan serotonin yang juga dikenal sebagai hormon antistres.

Meningkatkan sistem imun

Buah bligu mampu menyuplai protein dan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh. Zat tersebut berfungsi untuk memperbaiki berbagai kerusakan jaringan tubuh. Dengan begitu, sistem imun pun akan menjadi lebih baik.

Beberapa asam amino esensial yang terkandung dalam bligu adalah triptofan, lisin, dan metionin.

Menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C dalam buah bligu dapat menjadi senyawa anti-oksidan dalam tubuh. Vitamin C memang sudah dikenal sebagai anti-oksidan yang mampu melawan radikal bebas.

Mencegah flu

Kombinasi kandungan vitamin C dan zink dalam buah bligu mempu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko terserangnya flu bagi pengonsumsi buah tersebut.

Meredakan migrain

Vitamin B2 yang terdapat dalam buah bligu mampu mencukupi kebutuhan tubuh hingga 11 persen. Tidak banyak yang tahu bahwa vitamin ini dapat membantu meringankan sakit kepala yang diakibatkan migrain.

Baca Juga:  9 Manfaat Buah Markisa yang Belum Diketahui Banyak Orang

Membantu menjaga kesehatan mata

Kombinasi vitamin B2 atau riboflavin dan anti-oksidan dalam buah bligu mampu menjaga kesehatan mata. Penyakit defisiensi vitamin B2 mampu menyerang mata. Oleh karena itu, bila kebutuhan vitamin tersebut terpenuhi, mata akan terjaga kesehatannya. Anti-oksidan juga mampu mengurangi stres oksidatif pada retina.

Baik untuk pencernaan

Buah kundur kaya akan serat. Kekurangan serat dapat mengakibatkan gangguan pencernaan berupa konstipasi, perut kembung, bahkan hingga kanker usus. Konsumsi serat yang cukup mampu mengurangi risiko-risiko tersebut.

Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh tekanan dan viskositas dalam darah sangat tinggi. Risiko dari tekanan darah tinggi yang paling berbahaya adalah penyakit jantung koroner. Kandungan kalium pada buah ini mampu mengurangi risiko tersebut.

Mencegah anemia

Buah kundur juga mengandung zat besi yang bermanfaat untuk perbaruan sel darah merah. Jika kekurangan zat besi, seseorang akan cenderung mudah terkena anemia karena kurangnya pasokan hemoglobin untuk membawa oksigen.

Loading...