Manfaat Buah-buahan yang Selalu Ada di Bulan Ramadhan untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku— Setiap Ramadhan, Anda dapat menjumpai beberapa jenis buah yang jarang dijumpai pada hari-hari biasa. Salah satu buah yang paling sering muncul adalah kurma. Berikut ini beberapa jenis buah yang biasa kita temui di bulan Ramadhan.

bulan ramadhan
foto: Pertanianku

Kurma

Kurma dipercaya sebagai buah favorit Nabi Muhammad Saw. untuk berbuka puasa. Di dalam buah kurma mengandung nutrisi yang dapat mengembalikan energi setelah berpuasa satu hari penuh. Biasanya, kurma dikonsumsi dalam keadaan segar, rasanya manis, dan teksturnya ada yang lengket serta kering (bergantung pada jenisnya).

Selain dikonsumsi secara langsung, buah kurma juga sering diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti puding, biskuit, kue, jus, dan masih banyak lagi.

Blewah

Bentuk buah blewah hampir mirip dengan buah melon, dagingnya berwarna kuning dan mengandung banyak air. Blewah sering dijadikan sebagai campuran es buah yang disiram sirup. Blewah mengandung mineral kalium, provitamin A, dan vitamin C. Mengonsumsi blewah saat berbuka puasa dapat menghilangkan rasa haus sehingga tubuh kembali segar.

Timun suri

Timun suri sebenarnya bukan buah musiman sehingga Anda bisa menjumpai buah ini di luar bulan Ramadhan. Namun, karena buah ini sudah sejak lama dikonsumsi saat puasa sehingga stigma masyarakat terhadap buah ini sangat kental dengan suasana puasa.

Timun suri berbentuk seperti buah timun besar dan sering dijadikan sebagai campuran es campur atau es buah. Kandungan air di dalam timun suri terbilang cukup banyak sehingga bisa digunakan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat puasa.

Kelapa

Kelapa termasuk jenis buah yang sangat mudah dijumpai di bulan Ramadhan dan sering dijadikan pilihan berbuka puasa. Air kelapa muda mampu menghilangkan dahaga dengan cepat saat berbuka puasa. Selain itu, air kelapa juga bisa memberikan energi sehingga tubuh dapat kembali segar dalam kurun waktu yang cepat.

Baca Juga:  Cara Membuat Pestisida Alami dari Ekstrak Daun Mimba

Di dalam kelapa mengandung garam rendah dan kalium tinggi. Kandungan garam yang rendah sangat bagus menjaga keseimbangan cairan tubuh, sedangkan kandungan kalium berfungsi mengembalikan kesegaran tubuh.