Manfaat Buah Buni untuk Kesehatan

Pertanianku Buah buni memiliki rasa asam dan sedikit netral. Di balik rasanya yang segar, buah ini mengandung beberapa senyawa kimia seperti saponin, tanin, flavonoid, dan friedelin. Namun, pada bagian kulit batangnya mengandung alkaloida yang beracun sehingga jika ingin menggunakannya, Anda perlu berhati-hati.

buah buni
foto: indonesia.go.id

Efek farmakologis yang bisa dihasilkan dari buah buni adalah menghilangkan rasa haus, menghilangkan racun, meluruhkan keringat, dan melancarkan sirkulasi darah. Bagian yang bisa dimanfaakan dari tanaman ini adalah buah, daun, dan ranting buni yang bisa diracik menjadi obat herbal.

Dari kandungan tersebut, buah buni bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti jantung berdebar, penutup luka, menambah darah dan membersihkan darah kotor, sifilis, serta menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut ini beberapa resep obat herbal yang bisa Anda buat.

Loading...

Jantung berdebar

Gunakan 25 buah buni masak, 6 helai daun muda kaca piring, 10 helai daun sembung, kulit kayu manis sebesar 1 jari, dan jahe sebesar ¼ jari. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air. Tambahkan 2 jari gula enau yang sudah dicuci dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah air rebusannya tersisa 2 gelas air, minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 1gelas.

Penutup luka

Tumbuk 10 daun buni hingga halus, tempelkan pada tempat yang terluka, dan balut dengan kain atau perban. Tumbukan tersebut diganti sebanyak 2 kali sehari, lalu balut kembali.

Menambah darah dan membersihkan darah kotor

Cuci bersih 50 butir buahnya yang sudah masak, 2 jari asam kawak, dan ¾ rimpang kunyit. Tumbuk semua bahan hingga halus, dan tambahkan ½ gelas air matang serta 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata. Peras ramuan dan saring. Minum airnya sekaligus sebanyak 2—3 kali sehari.

Baca Juga:  Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Beras Hitam Jeliteng

Tekanan darah tinggi

Cuci bersih 30 butir buah buni dan kunyah hingga halus, telan daging buah dan buang bijinya. Setelah selesai mengunyah dan menelan, segera minum 1 gelas air hangat. Lakukan sebanyak 2—3 kali sehari.

Sifilis

Cuci bersih 50 butir buah buni masak, 50 helai daun sambiloto, 7 helai daun keji beling, 10 helai daun paria hutan, 10 helai daun pegagan, dan 1 jari batang brotowali. Potong semua bahan dan rebus dengan 4 gelas air, lalu tambahkan gula enau. Rebus hingga airnya tersisa 2 gelas dan bagi menjadi 3 bagian. Minum ramuan 3 kali sehari sebanyak 1 bagian.

 

Loading...
Loading...