Manfaat Buah dan Biji Nangka sebagai Obat Herbal

Pertanianku — Selama ini tanaman nangka hanya terkenal sebagai penghasil buah nangka yang beraroma harum dan rasa dagingnya manis. Nangka atau Artocarpus heterophyllus dapat tumbuh hingga setinggi 30 meter dengan tajuk yang rindang. Selain buah nangka yang bisa dimanfaatkan sebagai buah konsumsi, ada beberapa bagian tanaman nangka yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, yakni biji buah.

buah nangka
foto: Pixabay

Buah nangka mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan kalium untuk menangkal hipertensi. Nangka juga mengandung gula yang cukup tinggi meliputi fruktosa dan sukrosa sehingga buah ini bisa Anda gunakan sebagai sumber energi. Kedua zat tersebut dapat mengganti energi yang hilang dan merevitalisasi tubuh secara langsung.

Selain itu, nangka juga kaya akan serat yang sangat baik sebagai obat pencahar dan membantu tubuh untuk melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi waktu paparan serta mengikat bahan kimia yang menjadi penyebab kanker di usus besar.

Buah yang masih segar mengandung sejumlah vitamin pigmen-A dan flavonoid seperti karoten-β, xanthin, lutein, dan cryproxanthin-β. Senyawa-senyawa tersebut berperan penting sebagai antioksidan dan menjaga fungsi penglihatan.

Kandungan lain yang tidak kalah penting adalah vitamin C, vitamin B dan B kompleks, niacin, riboflavin, serta asam folat yang menjadi sumber potassium, magnesium, mangan, dan besi.

Penyakit yang bisa diatasi oleh buah dan biji nangka di antaranya komedo, penghalus kulit, dan mengatasi kutil.

Anda bisa membuat buah nangka menjadi masker wajah alami sebagai antijerawat, mengencangkan kulit, dan mengatasi kulit berminyak.

Sementara itu, untuk mengatasi kutil dapat diobati dengan biji nangka yang ditumbuk hingga halus. Hasil tumbukan tersebut kemudian dikompreskan ke bagian kulit yang terkenal kutil. Perawatan ini perlu dilakukan secara rutin selama dua minggu.

Baca Juga:  Kementan Targetkan Pembangunan 2.358 Kampung Hortikultura di Seluruh Indonesia

Biji nangka juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi noda pada kulit. Cara penggunaannya cukup mudah. Biji nangka perlu dihancurkan terlebih dahulu menjadi pasta, kemudian campurkan susu dan madu. Selanjutnya, balurkan ramuan tersebut ke bagian kulit yang bernoda dan biarkan hingga kering. Setelah kering, bilas dengan air bersih.

Namun, Anda harus berhati-hati terhadap biji nangka jika sedang melakukan terapi imunosupresi atau seseorang yang memiliki jaringan cangkok di dalam tubuhnya. Hal ini karena biji nangka dapat memberikan immunostimulative.