Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Pertanianku — Persimmon atau buah kesemek berasal dari Asia Timur. Buah ini berbentuk bulat oval dengan warna kuning keemasan memiliki daging yang manis dan lezat. Selain itu, manfaat buah kesemek sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat buah kesemek
Foto: Pixabay
  1. Menjaga kesehatan hati (liver)

Buah yang berwarna oranye pada saat matang ini mengandung anti-oksidan tinggi. Anti-oksidan diyakini dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, buah ini memiliki potensi yang cukup untuk mengendalikan efek yang beracun dan mengurangi kerusakan sel pada tubuh atau biasanya kita sebut dengan detoksifikasi sehingga mampu memelihara kesehatan hati.

  1. Menjaga kesehatan mata

Buah kesemek juga memiliki vitamin A dan likopen (lycopene) dalam jumlah besar yang mampu melindungi mata dari berbagai masalah kesehatan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa buah kesemek dapat membantu orang untuk menghindari perkembangan penyakit katarak.

Loading...
  1. Mengendalikan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

Buah kesemek mengandung kalium atau potassium dalam jumlah yang cukup signifikan. Kalium atau potassium dapat bertindak sebagai vasodilator dan menurunkan tekanan darah sehingga meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh. Tekanan darah rendah juga mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah berbagai penyakit jantung terjadi.

  1. Memiliki sifat antikanker

Buah yang lezat ini mengandung anti-oksidan dan agen antikanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat mengubah sel sehat menjadi sel kanker dan merusak berbagai sistem organ. Buah kesemek memiliki kadar vitamin C dan A, beta-karoten dan flavonoid yang tinggi, serta senyawa fenolik seperti katekin dan gallocatechin yang terkait untuk mencegah berbagai jenis kanker.

  1. Melancarkan sistem pencernaan
Baca Juga:  Jenis Jeruk Manis yang Populer di Dunia

Buah kesemek kaya serat yang dikenal untuk mengatur pergerakan usus dan juga tanin yang berfungsi untuk mengendalikan pergerakan usus serta mencegah diare. Oleh karena itu, kesemek merupakan buah yang sangat baik untuk meningkatkan kelancaran sistem pencernaan Anda.

Loading...
Loading...