Manfaat Buah Kiwi untuk Diet

Pertanianku — Saat ini kiwi masih merupakan buah yang cukup sukar untuk ditemui di beberapa pasar tradisional dan hanya bisa dijumpai di pasar swalayan. Hal ini dikarenakan harga buah ini masih terbilang mahal. Padahal, manfaat buah kiwi sendiri memiliki multikhasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah manfaat buah kiwi untuk diet.

manfaat buah kiwi
foto: pixabay

Ciri khas buah ini memiliki kulit yang berwarna cokelat dan terasa ada rambut-rambut halus yang mengelilingi permukaan kulit dan memiliki daging buah yang berwarna hijau yang tebal serta memiliki biji-biji hitam di tengah daging. Rasa buah ini terbilang unik, seperti perpaduan antara rasa pisang dan stroberi.

Kandungan vitamin C pada kiwi lebih tinggi dibanding jeruk. Selain vitamin C, buah kiwi juga mengandung berbagai macam vitamin A, C, E, karbohidrat protein tanpa lemak, serat, kalium, kalori, serta gula alami seperti fruktosa dan glukosa.

Loading...

Berikut ini beberapa manfaat buah kiwi.

Menyehatkan saluran pernapasan

Buah ini mampu menyehatkan saluran pernapasan seperti batuk pada malam hari, napas pendek, dan napas berbunyi karena saluran pernapasan yang sempit.

Mencegah rasa kembung akibat daging

Kandungan serat yang tinggi membuat buah ini berkhasiat sebagai laksatif yang melancarkan pencernaan dan mencegah rasa kembung yang ditimbulkan setelah mengonsumsi daging.

Mencegah keriput

Kandungan vitamin C yang tinggi mampu mencegah kerusakan kolagen yang disebabkan oleh radikal bebas. Kiwi juga mampu merangsang pertumbuhan fibroblast sehingga membuat struktur kulit menjadi lebih kuat, dan kandungan polisakarida yang mampu menstimulasi pertumbuhan dan peremajaan sel.

Disarankan untuk dikonsumsi tiap hari

Buah yang kaya akan serat ini disarankan untuk dikonsumsi setiap hari oleh Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGPKI) yang mampu membantu sistem saluran pencernaan dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Cara Pemangkasan Pohon Apel agar Pohon Cepat Berbuah dan Bertajuk Indah

Membantu program diet

Kiwi merupakan buah yang mengandung kalori dalam jumlah sedikit sehingga sangat baik jika dikonsumsi saat sedang diet.

Obat sembelit

Kiwi mengandung actinidin yang merupakan enzim alami untuk mengatas masalah sembelit. Selain itu, asam askorbin yang dimiliki juga mampu melindungi tubuh dari demam dan nyeri yang terjadi di sekitar persendian.

Melembapkan kulit

Kiwi mengandung vitamin D yang bagus untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit, serta memperbaiki kesehatan kulit.

 

Loading...
Loading...