Manfaat Buah Lengkeng yang Sangat Bagus Bagi Tubuh

Pertanianku — Lengkeng merupakan buah yang cukup mudah ditemui di Indonesia, buah ini sering digunakan sebagai buah meja yang dapat dikonsumsi secara langsung. Selain lezat dan manis, lengkeng mengandung banyak vitamin, mineral, dan beberapa nutrisi lainnya. Manfaat buah lengkeng sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

manfaat buah lengkeng
foto; Pertanianku

Vitamin yang terdapat di dalam lengkeng ialah vitamin B1, B2, B3, serta vitamin C. Kandungan nutrisi mineral di dalam lengkeng adalah potassium, zat besi, tembaga, dan magnesium. Buah lengkeng juga sangat bagus digunakan sebagai sumber serat makanan dan protein bagi tubuh.

Dalam 100 gram buah lengkeng terdapat protein sebanyak 1,3 gram, air 83 gram, karbohidrat 15 gram, serat 1,1 gram, dan 60 kalori.

Selain itu, dalam 100 gram lengkeng juga mengandung vitamin A 28 Iu, vitamin B 1 0,012 mg, vitamin B3 0,3 mg, vitamin C 84 mg, vitamin B2 0,14 mg, potassium 266 mg, magnesium 10 mg, zinc 0,05 mg, kalsium 1 mg, fosfor 21 mg, magnesium 0,05 mg, karbohidrat 0,05 mg, protein 1 gram, dan niasin 0,6 mg.

Seluruh kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga daya tahan tubuh terhadap penyakit lebih tinggi. Manfaat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama di kala pandemi Covid-19 yang sedang terjadi.

Kandungan nutrisi lengkeng dapat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada perut, seperti infeksi atau rasa sakit. Memakan lengkeng dapat meredakan rasa sakit perut yang sedang diderita.

Lengkeng juga berkhasiat untuk meningkatkan kinerja sistem kardiovaskular sehingga fungsi jantung menjadi lebih baik. Selain itu, mengonsumsi lengkeng dapat membantu tubuh yang sedang mengalami anemia untuk cepat kembali pulih.

Lengkeng dapat ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Varietas lengkeng dataran rendah unggulan yang wajib Anda coba adalah matalada. Buah lengkeng ini memiliki kulit berwarna putih, berbeda dengan tampilan visual lengkeng pada umumnya.

Baca Juga:  Atasi Serangan Kumbang Bubuk dengan Lada Hitam

Hal menarik lainnya dari buah lengkeng matalada adalah ukuran bijinya yang kecil berukuran seperti biji lada. Inilah alasannya lengkeng tersebut dinamakan matalada. Karena ukuran bijinya kecil, Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda ketika memakan lengkeng matalada.

Untuk bertanam lengkeng matalada, Anda bisa mendapatkan bibit lengkeng matalada di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan bertanam. Mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda.

 


loading...