Manfaat Buah Melon Sangat Luar Biasa, Ini Buktinya!


Pertanianku — Melon merupakan buah yang mudah dijumpai di pasar tradisional. Melon juga menjadi adalah salah satu buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Disamping rasanya yang manis dan enak, ternyata manfaat buah melon sangat luar biasa.

manfaat melon sangat luar biasa
Shutterstock

Buah dengan nama Latin Cucumis melo L. ini termasuk dalam suku labu-labuan. Cara konsumsi buah ini biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris seagai campuran es buah.

Buah melon banyak mengandung vitamin A, B dan C, serta mengandung protein, kalium, kalsium, dan fosfor. Kandungan mineral pada buah melon bahkan mampu menghilangkan keasaman tubuh dan bersifat menyembuhkan sembelit. Keasaman tubuh perlu dihilangkan karena akan menggangu pencernaan, khususnya pada organ lambung.

Selain nikmat disantap, melon banyak mengandung air, sekitar 95 persen daging buah melon.

Melon memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Zat-zat gizi yang dikandungnya sangat baik untuk kulit, mata, syaraf, ginjal, bahkan mampu menjadi penangkal sel kanker. Simak ulasan manfaat buah melon berikut ini.

  1. Menyehatkan mata

Buah melon memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang sama dengan wortel. Kandungan vitamin tersebut dapat menjaga mata dari gangguan penyakit dan meningkatkan ketajaman penglihatan serta dapat meningkatkan kinerja mata.

  1. Mencegah stroke

Kalium dalam buah melon dapat mengontrol tekanan darah dari dalam tubuh sehingga dapat menjauhkan diri dari penyakit stroke.

  1. Mencegah diabetes

Selain dapat mengatur tekanan darah dari dalam tubuh, buah melon juga dapat mengontrol tekanan gula darah dalam tubuh. Hal itu dapat mencegah risiko penyakit diabetes.

  1. Mencegah kanker

Karotenoid yang terkandung dalam buah melon dapat membantu tubuh lebih kuat terhadap serangan kanker termasuk kanker paru-paru dan payudara.

  1. Baik untuk pencernaan
Baca Juga:  5 Makanan yang Ampuh Sebagai Pembersih Usus Besar

Kandungan serat dan air yang terkandung pada buah melon dapat membantu melancarkan pencernaan.