Manfaat Buah Naga untuk Cegah Cacat Janin Hingga Obati Sembelit

Pertanianku — Buah naga selain enak dimakan ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik, terutama bagi ibu hamil beserta janinnya. Kandungan gizi yang lengkap pada buah naga membantu memenuhi asupan gizi untuk tumbuh kembang janin selama di kandungan. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah naga yang perlu Anda ketahui secara lengkap.

manfaat buah naga
Foto: Shutterstock

1. Membantu perkembangan tulang

Siapa yang menyangka bahwa buah berwarna merah ini mengandung kalsium dan fosfor yang juga terdapat dalam susu? Kalsium dan fosfor membantu perkembangan dan memperkuat tulang bayi yang belum lahir. Dan, mencegahnya dari penyakit kelainan tulang.

Loading...

Selain itu, kandungan vitamin C juga ikut mendukung pertumbuhan tulang, gigi, dan gusi janin. Menurut Intake Reference Diet, ibu hamil yang dituntut untuk melakukan diet saat hamil dengan alasan kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya memenuhi asupan vitamin C sebanyak 70 miligram setiap harinya. Dapat juga dengan menambahkan buah jeruk atau jenis beri-berian sebagai tambahan vitamin C.

2. Sumber lemak nabati

Tidak hanya mengandung banyak vitamin, kalsium, zat besi, dan asam folat. Buah naga juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menjadi sumber energi bagi ibu hamil berserta janinnya. Selain energi, lemak juga berfungsi dalam pembentukan otak janin. Jika sang ibu mengalami kekurangan berat badan, kandungan asam lemak trans dalam buah naga juga dapat meningkatkan berat badan selama kehamilan.

Keuntungan lainnya, jika Anda seorang vegetarian, buah ini sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Kandungan gizinya yang sangat kaya dan komplet membantu sang ibu mengontrol nutrisi bagi janinnya agar selalu sehat.

3. Mencegah cacat lahir pada anak

Buah naga sangat kaya akan asam folat yang bermanfaat untuk “melindungi” janin dari cacat tabung saraf. Selain asam folat, nutrisi lain seperti vitamin B1,B2, dan B3 juga ikut berperan sebagai asupan nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang janin.

Baca Juga:  Lengkeng Kateki Idola Konsumen

4. Mengobati sembelit dan konstipasi

Tingginya kandungan serat dalam buah naga membantu mengurangi terjadinya sembelit pada ibu hamil. Serat ini berfungsi membersihkan kotoran dan racun yang mengendap dalam sistem pencernaan, agar buang air besar menjadi lebih lancar. Mengonsumsi satu porsi buah naga cukup untuk memenuhi kebutuhan serat ibu hamil dalam sehari.

5. Meningkatkan hemoglobin

Kandungan zat besi dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin pada ibu hamil. Kurangnya hemoglobin dalam darah dapat mengurangi risiko anemia dan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan rendahnya kadar hemoglobin.

Loading...
Loading...