Manfaat Buah Nanas yang Menyegarkan nan Bergizi

Pertanianku— Nanas acap kali digunakan sebagai salah satu komponen rujak buah yang paling diincar. Hal ini lantaran rasanya yang manis, asam, dan mengandung banyak air. Namun, sayangnya, buah nanas yang tidak dipersiapkan dengan matang sering membuat lidah menjadi terasa gatal. Buah menyegarkan ini mengandung banyak nutrisi yang baik sehingga manfaat buah nanas sangat banyak. Berikut ini deretan manfaat buah nanas yang perlu Anda ketahui.

manfaat buah nanas
foto: pixabay

Sumber vitamin

Buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan dan mampu menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang diyakini sebagai penyebab berbagai penyakit.

Mengandung enzim bromealin

Nanas mengandung enzim bromealin (kelompok sulfur yang mengandung proteolitik). Bromelain berkhasiat membantu mencernakan protein dan memperbaiki gangguan lambung.

Bromelain juga mengurangi peradangan (antiinflamasi) dan pembengkakan, mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat agregasi trombosit (platelet), melarutkan dahak pada saluran napas (seperti pneumonia dan bronkhitis), antibakteri, dan mempunyai aktivitas fibrinolitik (dapat menghancurkan trombus yang menyumbat pembuluh darah), serta proteolitik (pengurai protein).

Bromelain bermanfaat sebagai pelega tenggorokan dan memperlancar proses pencernaan. Bromelain juga dapat untuk mempercepat proses penyembuhan luka serta mengurangi peradangan atau pembengkakan dalam tubuh.

Mencegah penyakit edema

Nanas memiliki manfaat untuk mengurangi kadar air dalam tubuh bila berlebihan. Oleh karena itu, nanas dapat mencegah penyakit edema.

Manfaat nanas matang

Nanas matang sifatnya dingin, berkhasiat menyehatkan limpa, menghilangkan haus, mengurangi asam lambung berlebih, membantu mencerna protein di lambung, antiradang (antiinflamasi), peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), dan menghambat pertumbuhan sel kanker (antineoplastik).

Manfaat nanas muda

Nanas muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik (peluruh cacing usus), diuretik, peluruh haid (emenagoga), abortivum (bersifat menghentikan kehamilan), peluruh (mukolitik), dan pencahar.

Baca Juga:  Bukan Hanya Penghasil Getah, Simak Manfaat Lain Tanaman Karet