Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil


Pertanianku — Banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang larangan terhadap konsumsi buah rambutan. Padahal, manfaat buah rambutan untuk ibu hamil sebenarnya cukup banyak.

manfaat buah rambutan untuk ibu hamil
Shutterstock

Buah rambutan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik, termasuk untuk janin yang sedang dikandung. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir ketika mengonsumsi buah ini pada saat hamil. Berikut beberapa manfaat buah rambutan untuk kesehatan ibu yang sedang hamil.

  1. Mengurangi gejala morning sickness

Salah satu tanda kehamilan yang kerap kali menjadi keluhan dan cukup mengganggu ialah morning sickness atau mual dan muntah yang sering menyerang pada saat pagi hari. Gejala ini memang umum dan mungkin hampir setiap wanita hamil merasakan kondisi ini. Akan tetapi, dampak dari gejala ini seringkali menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan membuat lemas.

Untuk mengatasi kondisi ini, buah rambutan bisa menjadi solusi yang baik. Konsumsi buah rambutan dapat menangani perasaan mual yang Anda alami. Selain itu, buah rambutan juga bisa mengembalikan stamina Anda supaya tetap bugar.

  1. Membantu mencukupi asupan kalori harian

Buah rambutan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori yang umumnya meningkat selama masa kehamilan. Informasi penting yang perlu diketahui adalah pada 100 gram buah rambutan terdapat sekitar 84 kalori. Pada umumnya, jumlah tersebut sama dengan pemenuhan sekitar 4,2 persen bila menggunakan sistem 2.000kal intake setiap harinya.

  1. Membantu memenuhi serat ibu hamil

Hal yang umum bagi ibu hamil adalah mengalami gangguan konstipasi atau kesulitan buang air besar akibat kekurangan serat selama kehamilan. Kondisi ini tentu akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan membuat perut terasa sakit.

Untuk mengatasi masalah tersebut, buah rambutan dapat menjadi solusi yang tepat. Sebab, kandungan serat yang tinggi pada buah rambutan dapat memenuhi kebutuhan serat dan melunakkan feses yang sulit dikeluarkan.

Baca Juga:  Cara Praktis Mengetahui Buah Matang

Dengan begitu, masalah konstipasi akan bisa segera diatasi dan dituntaskan dengan baik. Hanya saja, bantu dengan asupan cairan yang lebih banyak agar buah rambutan bisa bekerja dengan baik dalam mengatasi masalah sembelit.

  1. Kandungan Mineral yang Tinggi

Kandungan mineral yang tinggi dalam buah rambutan dapat membantu tubuh Anda terhindar dari risiko penyakit anemia berkat kandungan zat besi yang ada di dalamnya. Selain itu, terdapat juga mineral lain yang terkandung dalam buah rambutan di antaranya fosfor dan kalsium.