Manfaat Bubur California bagi Tanaman Jeruk

Pertanianku — Penggunaan bubur california atau BC sudah lama dikenal dapat mengendalikan penyakit yang ada pada pohon jeruk. BC dapat mengatasi serangan penyakit dari cendawan atau jamur kerak tertentu, terutama dari golongan akarina.

bubur california
foto: Balitjestro Balitbangtan Kementerian Pertanian

Tanaman jeruk sendiri sangat rawan diserang berbagai jenis penyakit. Kerusakan pun tidak hanya pada buah, tetapi menyeluruh pada bagian tanaman. Jika serangan semakin parah, bukan tidak mungkin tanaman jeruk akan tumbang dan produktivitas jeruk menurun drastis.

Salah satu jenis penyakit yang sangat sering menyerang jeruk adalah blendok atau yang juga dikenal dengan istilah diplodia. Ciri tanaman jeruk yang terserang diplodia adalah tanaman mengeluarkan gum atau blendok ketika bereaksi terhadap serangan.

Loading...

Diplodia sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari diplodia kering hingga basah. Jika diplodia basah menyerang pohon jeruk, batang, cabang, dan ranting tanaman terserang akan mengeluarkan gum berwarna kuning keemasan. Lama-kelamaan, kulit tanaman dapat terkelupas.

Diplodia kering menimbulkan reaksi hipersensitif tanaman jeruk melokalisasi patogen. Namun, bila diplodia kering sudah menyerang hingga tahap kronis, diplodia kering dapat dideteksi dengan kulit batang atau cabang yang mengelupas, mengering, dan mati.

Penyakit mematikan ini dapat ditanggulangi dengan menggunakan bubur california. Selain diplodia, bubur california juga efektif memberantas tungau yang menyerang daun dan juga beragam hama serta penyakit lainnya.

Bubur california dapat dilakukan dengan sangat mudah. Sebelum membuatnya, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan berupa serbuk belerang atau belerang halus, kapur gamping yang juga sudah dihaluskan, dan air sebagai pelarut.

Campur ketiga bahan tersebut dengan komposisi 1:2:10 ke dalam wadah berupa tong. Aduk hingga rata dan panaskan hingga mendidih. Tunggu hingga bubur california berubah warna menjadi kuning kemerahan.

Baca Juga:  Peluang Usaha Jambu Air Madu Deli Semanis Rasa Buahnya

Bubur yang sudah jadi kemudian dipisahkan antara larutan jernih dan suspensinya. Suspensi endapan ini dipakai untuk penyaputan pada bagian batang dan ranting. Larutan bubur yang berwarna jernih dapat digunakan sebagai bahan penyemprotan.

Aplikasi bubur california pada tanaman jeruk dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu tahun. Tepatnya, gunakan bubur ini di awal dan akhir musim penghujan.

Loading...
Loading...