Manfaat Budidaya Jamur Bagi Masyarakat


Pertanianku — Budidaya jamur memerlukan cara khusus mengingat tanaman ini biasanya tumbuh secara liar, entah itu jamur kuping, jamur tiram, jamur kayu, dan masih banyak yang lain lagi. Jamur dapat diperjualbelikan dan diolah menjadi cemilan ataupun makanan yang lezat dan harganya cukup mahal. Lantas, apa saja manfaat budidaya jamur bagi kehidupan kita?

manfaat budidaya jamur
Foto: Dok. Pertanianku0

Jamur sebagai sumber pangan yang memiliki nilai gizi tinggi

Jamur yang dapat dikonsumsi seperti jamur tiram, jamur kuping, dan jamur kancing mempunyai kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Kandungan nutrisi jamur memang tergantung pada jenisnya, tetapi secara umum tumbuhan ini mengandung protein, vitamin, mineral, dan serat. Oleh karena itu, jamur termasuk jenis makanan yang rendah kalori, rendah garam, bebas lemak, dan bebas dari kolesterol.

Meningkatkan pendapatan dan menjadi usaha sampingan yang pas

Membudidayakan jamur memang sudah terbukti meningkatkan pendapatan. Dengan membudidayakan jamur, orang akan memperoleh keuntungan dari penjualan. Keuntungan akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya permintaan masyarakat yang mengonsumsi jamur.

Bukan hanya pembudidaya, pengusaha yang memperdagangkan olahan jamur juga akan mampu meningkatkan pendapatan mereka. Apalagi seperti sudah disinggung sebelumnya, jamur dapat diolah menjadi aneka produk makanan yang bisa saja difavoritkan anak-anak hingga orang dewasa.

Anda pun bisa menambah pendapatan dengan menjadikan usaha aneka makanan olahan jamur sebagai sampingan. Kalau terlalu repot untuk mengelola sendiri, Anda bisa memasrahkan usaha tersebut pada orang terpercaya. Namun ingat, kalau baru memulai lebih baik dilakukan sendiri dulu sampai berhasil.

Menyerap tenaga kerja, mengurangi jumlah pengangguran

Jika usaha menjual aneka olahan makanan dari jamur sukses, Anda akan melakukan lebih banyak penyerapan tenaga kerja untuk membantu usaha tersebut. Nah, dengan begitu Anda tidak hanya membantu orang-orang di sekitar untuk mendapat pekerjaan, tetapi juga turut berkontribusi terhadap negara.

Baca Juga:  Tips Merawat Tanaman Obat Agar Bertahan Lama

Dengan banyak menyerap tenaga kerja, entah untuk membudidayakan jamur atau sebagai karyawan rumah makan (atau yang lain) yang menjual berbagai olahan dari jamur, Anda juga ikut berkontribusi mengurangi jumlah pengangguran. Selain pendapatan akan bertambah, Anda sudah melakukan pekerjaan kemanusiaan dengan melibatkan orang-orang bekerja bersama.