Manfaat Bunga Bakung Putih Sebagai Obat Herbal

Pertanianku Bakung putih atau Crinum asiaticum Linn. merupakan tanaman hias yang sangat terkenal karena sosoknya yang sangat indah dengan bunga berwarna putih. Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, tanaman bunga bakung putih juga bermanfaat sebagai obat herbal.

bakung putih
foto: Pixabay

Tanaman cantik ini mampu tumbuh baik pada ketinggian 700 m dpl dan merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Tanaman memiliki umbi lapis yang tumbuh di atas tanah dan disebut dengan poison bulb karena mengandung racun. Umbi tersebut terbungkus oleh pelepah besar.

Daun tanaman bunga ini berwarna hijau cerah, berdaging tebal, dan berbentuk pita. Lebarnya sekitar 8—12 cm dan panjangnya mencapai 1—1,5 m. Tulang daun tanaman hias sekaligus herbal ini cekung di bagian tengah sehingga bentuk daun tanaman terlihat indah.

Bunga bakung putih mempunyai ciri khas, seperti tanaman berlilin putih dengan tangkainya muncul di antara sela-sela dedaunan tanaman yang memanjang. Mahkota bunga lancip dan bagian dalamnya berwarna merah keunguan.

Di dalam tanaman hias ini terdapat zat alkaloida (likorin) yang berkhasiat menyembuhkan penyakit frambusia.

Bahan-bahan:

  • Bakung putih 20 buah
  • Beras merah 2 cangkir
  • Air secukupnya

Cara penggunaan:

  • Bakung putih dan beras merah dicuci, lalu ditumbuk hingga halus.
  • Tambahkan air secukupnya dan masak hingga mendidih.
  • Ramuan digunakan untuk mengurap bagian tubuh yang terkena frambusia. Lakukan 2—3 kali sehari.

Ekstrak bunga bakung memiliki sifat antimikroba yang dapat dimanfaatkan untuk terapi infeksi serta mencegah infeksi terjadi semakin parah. Selain itu, bunga tanaman cantik ini juga dapat bersifat sebagai antioksidan dan antifungi yang dapat menghambat pertumbuhan jamur.

Bunga bakung memiiliki lebih dari 100 jenis. Tiap jenis tersebut memiliki ciri khas serta warna yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Tanaman Lamtoro

Sebagai tanaman hias, bunga bakung putih sangat cocok untuk menambah kesan asri dan sejuk. Tanaman hias ini terbilang sangat mudah didapatkan dengan harga yang murah.