Manfaat Bunga Cempaka Merah


Pertanianku – Bunga cempaka merah merupakan satu kerabat dengan bunga kantil atau biasa yang kita kenal sebagai bunga cempaka putih. Warna bunga cempaka memiliki tiga warna yaitu putih, merah, dan kuning. Berbeda seperti bunga cempaka putih, bunga cempaka yang berwarna merah terlihat lebih cantik dengan warna merah menyala yang terang, pasti akan membuat siapa saja yang melihatnya lebih segar.

Manfaat Bunga Cempaka Merah

Komposisi yang terdapat pada bunga cempaka merah yaitu alkaloid mikelarbina dan liriodenina. Berikut ini beberapa manfaat pada bunga cempaka merah dan bunga cempaka lainnya yakni :

  1. Menyembuhkan penyakit, antara lain bronkhitis, batuk, radang, demam, keputihan, prostat dan penyakit lainnya.
  2. Bagian akarnya, bisa bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi kandung kemih.
  3. Bagian daunnya bermanfaat mengobati penyakit saluran kemih, dan gangguan kencing.

Untuk bunga yang berwarna merah mempunyai kemiripan yang hampir sama dengan bunga cempaka lainnya. Namun, hanya warna bunganya saja yang berbeda. Anda bisa mulai merawat bunga ini seperti, merawat bunga jangan sampai terkena hama. Siram setiap hari serta usahakan terpancar sinar matahari agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan tidak cepat mati.

Tanaman ini hanya tumbuh di daerah tertentu, bunga cempaka merah bisa digunakan serta manfaatnya bagi kebutuhan Anda. Selain untuk pengobatan, Anda dapat menjadikan bunga ini sebagai tanaman hiasa di rumah. Sebab bunga ini sangat cocok di tempatkan di mana saja untuk mempercantik taman pada rumah Anda.

Baca Juga:  Ini Dia Tips Memilih Obat Herbal yang Aman
loading...
loading...