Manfaat Bunga Kenop Untuk Atasi Bebagai Keluhan Kesehatan


Pertanianku — Bunga kenop atau bunga kancing merupakan salah satu jenis tanaman hias yang biasa tumbuh di sekitar sawah dan pekarangan rumah. Tidak hanya sebagai tanaman hias, manfaat bunga kenop untuk kesehatan tubuh ternyata cukup menakjubkan.

manfaat bunga kenop
Foto: Shutterstock

Kandungan alami dalam bunga kenop dapat menjadikan tubuh lebih sehat. Bunga ini juga cocok dijadikan obat herbal untuk mencegah timbulnya penyakit di dalam tubuh. Tak hanya bunganya bisa dijadikan sebagai obat herbal, tapi hampir dari semua bagian tanamannya bisa menjadi obat, mulai dari daun, akar, serta batang tanaman.

Berikut ini manfaat bunga kenop yang baik untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

  1. Menyembuhkan luka pada kulit

Bunga kenop ampuh dalam menyembuhkan luka di kulit. Jika Anda mempunyai beberapa luka pada kulit yang sulit untuk disembuhkan, Anda dapat mencoba bunga ini. Kandungan menyehatkan yang terdapat pada bunga kenop akan mempercepat pengeringan luka.

  1. Obat kudis dan koreng

Penyakit kulit lainnya yang dapat diatasi dengan menggunakan bunga kenop adalah kudis dan koreng. Kandungan anti-infeksi dalam bunga ini akan membuat luka di kulit Anda tidak mudah terinfeksi dan cepat mengering dalam beberapa hari.

  1. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah penyakit yang menyerang saluran kemih dengan gejala infeksi. Penyakit ini dapat membuat kencing Anda menjadi tidak normal dan terasa perih. Obat herbal yang cocok untuk mengatasinya, yaitu bunga kenop.

  1. Baik untuk kesehatan ginjal

Ginjal Anda dapat menjadi lebih sehat dengan bunga kenop. Bunga ini ternyata dapat melindungi kesehatan ginjal dari ancaman penyakit seperti batu ginjal. Jika Anda ingin menggunakan bahan herbal, cobalah memanfaatkan bunga ini.

  1. Mencegah penyakit bronchitis
Baca Juga:  Jenis Tanaman Hias yang Bisa Bikin Kaya Mendadak

Bunga kenop mampu mencegah penyakit yang menyerang kesehatan pernapasan, terutama penyakit bronchitis. Bunga ini akan membantu menyehatkan organ paru-paru Anda dan melindunginya dari gejala bronchitis.

  1. Mencegah penyakit disentri

Manfaat bunga kenop yang selanjutnya, yaitu dapat mencegah penyakit disentri. Kandungan menyehatkan yang dimiliki bunga ini akan membantu Anda untuk melindungi kesehatan usus dan membuatnya terhindar dari serangan disentri.

  1. Mengatasi radang pada tubuh

Kandungan alami dalam bunga kenop, yaitu adanya fungsi anti-inflamasi. Anti-inflamasi berfungsi untuk menyembuhkan gejala radang di dalam tubuh. Jika Anda mengalami radang di beberapa bagian tubuh, tak ada salahnya untuk mencoba bunga ini.

loading...
loading...