Manfaat Bunga Matahari Sebagai Obat Herbal

Pertanianku — Selain bentuknya yang indah, bunga matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Bunga musiman yang tingginya mencapai 1—3 meter dan berambut kasar ini memiliki biji yang terletak di tengah bunga dan sering dikenal sebagai kuaci. Manfaat bunga matahari bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit rematik, disentri, dan infeksi saluran kencing.

manfaat bunga matahari
foto: pixabay

Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah bagian akar, bunga, dan biji. Biji yang terkenal sebagai kuaci ini ternyata mengandung senyawa flavanoida, polifenol, betasitosterol, dan prostaglandin. Sementara, pada bagian bunganya mengandung quercimeritrin, helianthoside A, B, C, oleanolica acid, dan echinocystic acid.

Bagian bijinya terdapat minyak yang memiliki lemak jenuh 9,8 persen, lemak tak jenuh seperti oleat 11,7 persen, dan linoleate 72,9 persen, serta tidak mengandung kolesterol sehingga cocok dijadikan camilan yang aman. Untuk mendapatkan 1 liter minyak bunga matahari, membutuhkan hingga 60 tandan bunga majemuk.

Loading...

Seluruh kandungan tersebut menyebabkan bunga matahari memiliki efek farmakologis seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa nyeri, antidisentri, serta merangsang pengeluaran cairan tubuh seperti hormon dan enzim. Selain itu, dapat merangsang pengeluaran campak, antiradang, antimalaria, peluruh air seni, pereda batuk, merangsang energi vital, menenangkan liver, dan menghilangkan rasa nyeri saat buang air kemih.

Untuk menyembuhkan penyakti rematik, Anda bisa menggodok bagian kepala bunga sampai berubah mennjadi kanji dan tempelkan pada bagian badan yang terkena rematik. Selanjutnya, untuk mengobati disentri bisa menggunakan bagian biji dengan cara menyeduh biji dan ditambah sedikit gula. Air seduhan tersebut bisa Anda minum untuk menyembuhkan disentri.

Untuk mengatasi masalah sulit buang air besar dan kecil serta infeksi saluran kencing, dapat diatasi dengan merebus akar tanaman bunga matahari. Selanjutnya, minum air rebusan tersebut agar buang air besar dan kecil Anda lancar.

Baca Juga:  Brotowali, Si Pahit Penuh Khasiat

Bunga matahari merupakan bunga nasional Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat. Dalam dunia farmakologi Cina, bunga matahari bermanfaat sebagai pemberi aroma yang lembut dan penetral aroma.

Meskipun bunga matahari merupakan obat herbal, sangat tidak disarankan untuk untuk ibu hamil mengonsumsi air rebusan bunga matahari.

 

 

 

 

Loading...
Loading...