Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan


Pertanianku — Siapa pun pasti tahu bunga mawar. Sebab, bunga ini terkenal dengan keindahannya. Bunga mawar biasanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias karena warnanya yang beragam dan menarik. Selain sebagai tanaman hias, manfaat bunga mawar untuk kesehatan dan kecantikan tidak diragukan lagi.

manfaat bunga mawar untuk kesehatan dan kecantikan
Pixabay

Nah, bagi Anda perempuan, berikut beberapa manfaat dari bunga mawar sebagai media alternatif untuk kesehatan dan kecantikan.

  1. Bahan cair pembersih kulit

Bunga mawar dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, terutama sebagai penyegar kulit. Selain itu, ekstrak bunga mawar juga dapat digunakan sebagai pembersih bercak bekas jerawat, bisul, pencegah keriput, ataupun abses.

  1. Bahan pembuat masker alami

Memanjakan wajah dengan memakai masker perawatan tidak mesti mahal. Dengan memanfaatkan berbagai bahan alami seperti air bunga mawar, Anda dapat memiliki kulit wajah yang cantik.

  1. Sebagai media perawatan kulit

Air mawar banyak digunakan untuk perawatan kulit karena aman dan lembut bagi semua jenis kulit. Air mawar memiliki kandungan astringen yang dapat mengurangi bintik kemerahan pada wajah akibat pembesaran kapiler darah.

  1. Bahan parfum

Mawar bisa dimanfaatkan jadi bahan baku parfum dan obat. Hampir semua kelompok tanaman mawar bisa digunakan untuk kebutuhan bahan baku parfum ataupun obat. Tanaman ini mengandung zat antibiotik atau senyawa kimia yang penting dan dibutuhkan seperti sitral, sitronelol, geraniol, linalool, nerol, eugenol, fenil etil alcohol, farnesol, serta nonilaldehid.

  1. Aromaterapi

Keharuman bunga mawar dapat digunakan sebagai bau terapi yang bersifat menenangkan dan meningkatkan mood. Bila Anda merasa sedang tidak enak badan, aromaterapi dari bunga mawar dapat jadi solusinya.

  1. Obat pelancar haid

Selain bunganya, ternyata akar tanaman mawar juga dapat dimanfaatkan. Akar tanaman mawar dapat dipakai untuk mengatasi haid yang tidak teratur dan keputihan.

  1. Bahan utama dalam pembuatan minyak atsiri
Baca Juga:  6 Sayuran Menyehatkan untuk Penderita Asam Urat

Minyak atsiri bisa dihasilkan dari mawar karena mawar mengandung geraniol dan limonene. Minyak itu berguna sebagai antiseptik, penghilang keputihan, dan sebagai penambah daya tahan tubuh.

loading...
loading...