Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan

Pertanianku — Bunga mawar lebih sering dimanfaatkan sebagai bunga hias karena memiliki sosok yang indah dan menawan. Namun, di balik keindahannya, bunga ini juga memiliki beragam manfaat di bidang kesehatan. Bahkan, manfaat bunga mawar bisa juga digunakan pada berbagai bidang industri, seperti industri makanan, minuman, dan minyak wangi.

manfat bunga mawar
foto: pixabay

Di Malaysia, bunga mawar diolah dengan dimaserasi dengan minyak wijen yang berguna sebagai minyak rambut.

Manfaat bunga mawar dalam bidang kesehatan atau bidang lainnya tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya. Mawar mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga pada masa Perang Dunia II, mawar dijadikan minuman dan makanan yang berkhasiat sebagai obat. Mawar berjenis Rosa galiga berkhasiat sebagai obat pereda batuk dan jerawat.

Loading...

Untuk menyembuhkan batuk, Anda bisa menggunakan tiga kuntum bunga mawar segar yang diseduh bersama satu gelas air matang. Pemanfaatan bunga mawar sebagai obat juga sudah dilakukan oleh tabib-tabib di Cina.

Di Cina, mawar dijadikan sebagai obat yin yang berkhasiat untuk menenangkan saraf, memperlancar sirkulasi darah sehingga menyehatkan jantung, memperkuat dinding otot perut besar, dan menyehatkan pembuluh kapiler.

Manfaat bunga mawar tak berhenti di situ, bunga yang harum nan indah ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah sperma laki-laki yang mengalami gangguan impotensi, memperbaiki siklus haid pada wanita serta membersihkan lambung manusia yang kotor.

Bangsa Indian terbiasa menggunakan mawar liar untuk menyembuhkan penyakit kencing nanah. Bunga mawar tersebut diolah dengan cara direbus. Selain itu, bunga ini juga bisa dimanfaatkan sebagai fungisida dan insektisida nabati.

Dalam dunia pengobatan, seluruh bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan, dari akar, batang, daun, buah, dan bunganya. Di Jepang, biji mawar digunakan sebagai obat diuretik dan laxative. Bunga ini mampu menghasilkan essential oils yang berfungsi sebagai antidepresi, antipasmodik, astrigent, antibakteri, antiseptik, anti-inflamasi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Cara Memeriksa Kualitas Air Kolam Ikan Koi

Jadi, selain berguna untuk menghiasi ruangan Anda karena memiliki sosok yang bagus dan menjadi bunga tabur yang kerap digunakan dalam acara ibadah, bunga mawar sebenarnya memiliki manfaat yang bisa dikembangkan lebih jauh lagi menjadi komoditas yang berpotensi.

Loading...
Loading...