Manfaat Bunga Pisang untuk Kesehatan


Pertanianku – Tahukah Anda jika bunga pisang bermanfaat untuk kesehatan? Selain buahnya, ternyata bunga pisang memiliki manfaat yang luar biasa. Konon sejak zaman dahulu, bunga pisang telah digunakan untuk pengobatan herbal sejak 5000 tahun lalu di India.

Manfaat Bunga Pisang untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat bunga pisang untuk kesehatan, seperti dikutip dari Boldsky.

  1. Obat diabetes

Studi telah menunjukkan bahwa manfaat bunga pisang memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Anemia

Bunga pisang mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi merupakan mineral utama yang diperlukan untuk menjaga produksi sel darah sehat. Jadi, bunga pisang dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga bisa menyembuhkan anemia.

  1. Meningkatkan ASI

Manfaat bunga pisang ternyata dapat merangsang saluran susu di payudara ibu yang baru saja melahirkan. Selain itu, produksi ASI pun menjadi lebih banyak.

  1. Siklus menstruasi

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat diperbaiki dengan mengonsumsi bunga pisang. Selain itu, makanan ini juga bisa mengurangi pendarahan yang berlebihan dan nyeri panggul yang ekstrem.

  1. Meningkatkan uterus

Bunga pisang mengandung nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan tembaga yang dapat memperkuat dinding rahim Anda sehingga bisa mencegah infeksi rahim serta meningkatkan kesuburan.

  1. Meredakan sembelit

Bagian dari pohon pisang ini juga kaya akan serat. Oleh karena itu, bunga pisang dapat meningkatkan gerakan usus dan meredakan sembelit.

  1. Mengurangi peradangan dan infeksi

Peradangan dan infeksi ternyata bisa juga diserap oleh bunga pisang yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Beberapa penyakit, seperti maag, nyeri sendi, dan infeksi jamur dapat berkurang setelah mengonsumsi bunga pisang ini.

Baca Juga:  Yuk, Kenali 5 Tanaman Hias yang Membersihkan Udara di Rumah
loading...
loading...