Manfaat Cabai Jawa Untuk Kesehatan Sangat Tak Terduga


Pertanianku — Cabai jawa merupakan jenis tanaman merambat berbunga dari keluarga Piperaceae. Umumnya, cabai jawa dikeringkan dan digunakan sebagai bumbu masakan dan bahan pembuatan jamu. Perlu Anda ketahui, manfaat cabai jawa memang sangat bagus untuk kesehatan.

manfaat cabai jawa
Foto: Google Image

Cabai jawa telah dikenal oleh orang Romawi dan sering disamakan dengan lada. Di Indonesia, cabai jawa kering digunakan sebagai rempah penambah rasa pedas. Cabai jawa telah lama digunakan nenek moyang kita dan terbukti ampuh. Berikut ini manfaat cabai jawa untuk kesehatan.

  1. Stomakika

Senyawa yang dapat memacu enzim pencernaan sehingga dapat menambah nafsu selera makan. Sangat bermanfaat untuk mengobati anemia untuk meningkatkan nafsu makan. Menaikkan berat badan ideal, untuk orang yang bertubuh kurus ata baru sembuh dari penyakit.

  1. Karminatif

Senyawa yang dapat mengurangi perut kembung (flatulen), sakit perut, dan dapat mengobati kolik (kram perut) pada bayi dan dewasa.

  1. Ekspektoran

Senyawa yang berfungsi untuk mengencerkan flegma pada tenggorokan, saluran bronkus, dan meringankan iritasi penyebab batuk. Dapat digunakan untuk obat batuk bronkhitis, batuk pilek serta mengatasi gangguan pernapasan, asma atau sesak napas.

  1. Daiforetik atau Sudorofik

Senyawa ini berfungsi untuk meluruh dan memperbanyak keluarnya keringat. Manfaatnya dapat menurunkan demam, meriang, terutama bagi ibu yang demam setelah melahirkan. Juga dapat digunakan untuk menghilangkan gejala influenza. Keluarnya keringat akan melancarkan peredaran darah sehingga dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala dan tekanan darah rendah.

  1. Diuretik

Merupakan senyawa yang dapat menambah kecepatan pembentukan urine. Digunakan untuk pengobatan gangguan saluran kemih dan anyang-anyang. Pengobatan penyakit ginjal, mencuci ginjal dari racun yang mengendap.

Baca Juga:  Mujarab! Inilah 4 Manfaat Kerang Hijau untuk Kesehatan