Manfaat Cincau Rambat untuk Kesehatan

Pertanianku — Cincau merupakan minuman yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain bisa memberikan efek yang menyejukkan di dalam tubuh, minuman yang berasal dari tanaman ini juga dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Cincau rambat merupakan tanaman yang merambat dengan panjangnya mencapai 12—16 m. Tanaman ini akan merambat ke arah kanan dari pohon inang.

cincau rambat
foto : http://balittro.litbang.pertanian.go.id/

Daun tanaman cincau rambat berbentuk seperti hati dengan kedua permukaan yang ditumbuhi oleh rambut-rambut halus. Bunga tanaman ini berwarna kuning kehijau-hijauan sampai hijau pucat. Tanaman ini memiliki buah batu berbentuk lonjong dan berwarna merah.

Bagian yang bisa dimanfaaatkan dari tanaman ini adalah daun dan akar. Cincau sendiri mengandung polifenol, saponin, flavanoida, vitamin A dan B, serta beberapa kandungan mineral. Dari kandungan tersebut membuat tanaman ini memiliki efek farmakologi pada tubuh manusia. Tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit diare, hipertensi, dan demam.

Loading...

Fakta lainnya adalah tanaman cincau mengandung sejenis karbohidrat yang memiliki sifat menyerap air sehingga bisa membentuk massa seperti agar-agar jika daunnya diremas dalam air. Kandungan ini yang sering dimanfaatkan oleh para penjual cincau.

Cincau juga mengandung lemak, alkaloid siklein, kardiplegikum, tentradin, dan masih banyak lagi. Tanaman ini dapat ditemukan pada daerah terbuka seperti tepian hutan atau di semak belukar. Namun, masyarakat perkotaan sering merawat tanaman ini menjadi tanaman pagar karena pertumbuhannya yang merambat. Cincau rambat dapat tumbuh subur di ketinggian kurang dari 1.000 mdpl.

Sebagai obat herbal, belum ditemukan literatur yang membahas efek samping dari penggunaan tanaman ini sebagai obat herbal. Namun, Anda tetap tidak disarankan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih karena sesuatu yang berlebih akan menimbulkan dampak yang tidak baik.

Baca Juga:  Khasiat Asparagus, Pembersih Pembuluh Darah Arteri dari Kolesterol

Untuk mengobati sakit perut dan hipertensi, Anda bisa meremas-remas daun cincau secukupnya dengan air matang hingga mengental. Saring air remasan dan biarkan selama beberapa saat hingga membentuk agar-agar. Konsumsi cincau tersebut karena bisa mengurangi rasa sakit.

Sementara, untuk menurunkan demam, cuci bagian akar tanaman secukupnya hingga bersih. Iris akar tersebut hingga halus dan rebus. Minum air rebusan untuk meredakan demam.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...