Manfaat Daging Buah Avokad

Pertanianku – Masyarakat indonesia sudah sejak dulu telah melakukan serangkaian upaya penanggulangan penyakit menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu memanfaatkan daun avokad untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bagian tanaman avokad yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya, yaitu sebagai buah segar dan dibuat minuman seperti jus atau dikombinasikan dengan buah lain menjadi es buah, es campur, atau es teler. Daging buah avokad digunakan oleh masyarakat Eropa sebagai bahan pangan yang diolah dalam berbagai masakan. Misalnya, sebagai bahan campuran cake, salad, atau makanan lainnya.

Avokad (2)

Manfaat lain dari daging buah avokad adalah untuk bahan dasar kosmetik. Banyak cream muka yang menggunakan avokad sebagai salah satu bahan dasarnya, tetapi juga ada yang menggunakannya sebagai cream tubuh. Hal ini berkaitan dengan tekstur avokad yang halus bila diproses menjadi bubur serta mampu melembapkan kulit tubuh yang kering. Buah avokad dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk wajah. Kandungan Vitamin A dan E pada buah avokad sangat bagus untuk menghaluskan kulit, menghilangkan kerutan pada wajah, serta membuat kulit kenyal, terlihat muda, dan segar.

Loading...

Buah avokad juga dapat dimanfaatkan untuk creambath karena dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan tidak mudah kering. Kandungan lemak yang tinggi pada buah avokad membuat buah ini sangat baik untuk digunakan sebagai bahan pembuat sabun dan berbagai produk kosmetik lain. Meskipun buah avokad mengandung lemak yang cukup tingi, tetapi jenis lemaknya aman untuk tubuh (lemak nabati tidak jenuh). Bahkan, sebagian masyarakat menjadikannya sebagai obat karena kandungan kalium (K) dan lemak tak jenuh memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah depresi.

Avokad adalah salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan organ jantung. Hal ini disebabkan buah avokad mengandung sumber asam lemak tak jenuh tunggal (asam oleat), vitamin E, folat, kalium, pitosterol, serta sumber serat penting. Semua nutrisi tersebut berperan besar terhadap kesehatan jantung yang terus meningkat. Avokad juga menjadi nutrisi yang sangat lengkap untuk kulit. Avokad mengandung lemak tak jenuh tunggal–asam lemak omega 9, sumber antioksidan (vitamin C dan E), serta kolagen. Semua nutrisi tersebut membantu menyehatkan kulit.

Baca Juga:  Tips Memilih Bibit Pohon Buah yang Bagus

Mengonsumsi buah avokad akan membuat kondisi perut dalam keadaan kenyang yang lebih lama. Secara otomatis, akan menekan nafsu makan berlebih. Oleh sebab itu, makan avokad setiap hari sangat baik untuk program penurunan berat badan. Avokad juga bermanfaat untuk mencegah diabetes. Hal ini berkaitan dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kalium yang dapat meningkatkan fungsi kerja hormon insulin dan menetralkan kadar glukosa dalam darah.

Sumber: Buku Khasiat Ajaib Daun Avokad

Loading...
Loading...