Manfaat Dahsyat Getah Pepaya yang Tak Pernah Terduga


Pertanianku — Pepaya merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari daun hingga buah dan tak terkecuali getah buahnya. Manfaat dahsyat getah pepaya bahkan tak terduga. Di dalam getah pepaya terdapat enzim protease, yaitu papain dan kimopapain.

Manfaat dahsyat getah pepaya
Foto: Pixabay

Selain itu, lebih dari 50 asam amino terkandung di dalamnya. Berdasarkan kandungan zat-zat baik yang ada di dalamnya, getah buah pepaya ternyata punya berbagai manfaat seperti berikut ini.

  1. Mengobati tumit kaki pecah-pecah

Tumit kaki pecah-pecah merupakan problem yang sering menghampiri terutama saat musim kemarau tiba. Cuaca yang panas membuat kulit cepat kehilangan kelembapannya dan hal itu memicu pecah-pecah di tumit kaki.

Untuk mengatasi masalah ini, sediakan saja buah pepaya. Cuci bersih papaya, kemudian toreh atau gores permukaan kulit buah itu dan tunggu hingga getahnya keluar. Selanjutnya, oleskan pada kaki yang pecah-pecah dan kering. Tunggu 10—15 menit, bilas dan keringkan.

  1. Menghilangkan jerawat

Permasalahan jerawat juga seringkali menjadi momok yang menyebalkan bagi semua orang, terutama kaum muda. Banyak cara untuk mengusir jerawat dari wajah kita, salah satunya dengan cara alami, yaitu getah buah pepaya.

Untuk menghilangkan jerawat dengan getah buah papaya, bersihkan wajah terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri penyumbat pori-pori. Selanjutnya, oleskan getah pepaya menggunakan kapas di area wajah yang berjerawat. Diamkan sampai getah tersebut mengering, lalu bilas dengan air hangat untuk mengangkat sisa getah yang ada di wajah. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

  1. Menghilangkan bekas kulit terbakar

Tips ini mungkin akan berguna jika Anda atau kerabat mengalami luka bakar ringan. Luka bakar ringan yang dimaksud bukan luka yang berada di area vital seperti leher, wajah, atau anggota tubuh penting lainnya. Tentunya, luka ringan ini masih bisa ditangani sendiri. Caranya cukup mudah, hanya siapkan pepaya muda lalu cuci, gores-gores permukaan kulit buah hingga getahnya keluar. Oleskan getah tersebut pada luka.

Baca Juga:  Cara Buat Pestisida Alami dari Jeruk Nipis