Manfaat dan Cara Mengolah Kulit Buah Naga untuk Kesehatan

Pertanianku — Anda akan sangat menyesal jika mengetahui bahwa kulit buah naga memiliki manfaat yang menyehatkan. Cara mengolah kulit buah naga untuk kesehatan pun cukup mudah. Nah, berikut ini manfaat dari kulit buah naga.

kulit buah naga
Foto: Pixabay
  1. Mampu menghambat pertumbuhan tumor

Tumor merupakan suatu jenis penyakit yang berbahaya dan sangat mematikan jika tidak segera dilakukan tindakan medis. Oleh karena itu, segera hambat pertumbuhan tumor dengan rutin mengonsumsi daging buah naga dan teh yang terbuat dari kulit buah tersebut.

  1. Dapat melembapkan dan menghaluskan kulit

Sering terpapar sinar matahari, polusi, debu di luar rumah pastinya hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit yang dapat memicu berbagai masalah kulit. Untuk menjaganya agar tetap lembap dan sehat, Anda dapat melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami dari kulit buah naga. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya cukup mengonsumsi teh kulit buah naga secara rutin dan teratur.

  1. Dapat mendeteksi kandungan borak & formalin pada makanan

Keberadaan borak dan formalin pada makanan kini semakin mengkhawatirkan. Kedua bahan kimia ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika masuk ke tubuh. Untuk mencegah dan mengatasinya, kulit buah naga mampu mendeteksi kandungan borak dan formalin tersebut.

  1. Dapat menghambat pertumbuhan sel kanker

Kanker merupakan jenis penyakit berbahaya yang mematikan dan menjadi penyebab angka kematian tertinggi. Tidak hanya daging buahnya yang bermanfaat, tetapi juga kandungan senyawa aktif pada kulit buah tersebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan rutin mengonsumsi daging dan kulit buah naga, hal ini dapat menekan risiko pertumbuhan sel kanker pada tubuh sekaligus menekan angka kematian.

  1. Dapat menurunkan kadar gula darah

Bagi para penderita diabetes, ini dapat menjadi alternatif untuk menurunkan kadar gula darahnya. Cukup dengan menyeduh teh kulit buah naga setiap hari dan rutin.

Baca Juga:  5 Keuntungan Mengonsumsi Ikan Setiap Hari

Cara membuat teh kulit buah naga

Cara termudah dalam pengolahan kulit buah naga, yaitu dengan dijadikan teh. Adapun caranya cukup mudah. Iris kecil-kecil kulit buah naga, lalu jemur sampai kering. Setelah itu, kulit buah naga siap diseduh dengan air panas seperti membuat teh biasa.

Namun demikian, jangan lupa untuk mengonsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsinya. Hal ini karena dikhawatirkan Anda memiliki alergi terhadap salah satu zat yang terkandung di dalam kulit buah naga.

Loading...