Manfaat dan Olahan Umbi Garut

Pertanianku — Tanaman umbi-umbian seperti singkong, ubi jalar, ataupun talas biasanya dijadikan panganan pengganti nasi karena mengandung pati yang tinggi. Umbi-umbian yang juga memiliki banyak manfaat dan kegunaan ialah umbi garut (Maranta arundinaceae). Lalu, apa saja manfaat dan olahan umbi garut.

manfaat dan olahan umbi garut
Foto: Google Image

Sebelumnya, perlu Anda ketahui kalau umbi-umbian tidak hanya diolah dan disajikan sederhana seperti direbus atau digoreng, tetapi banyak juga yang dikembangkan menjadi berbagai macam variasi olahan makanan seperti keripik, kolak, dan sebagainya.

Umbi garut memiliki banyak kegunaan, di antaranya dapat diolah menjadi bahan makanan hingga obat-obatan. Sebagai umbi-umbian, umbi garut tentu memiliki kadar pati yang tinggi. Kandungan yang terdapat pada umbi garut antara lain 69—72 persen air, 10,2—20 persen protein, 0,1 persen lemak, 8—16 persen pati, 0,6—1,3 persen serat, dan 1,31—1,4 persen abu.

Loading...

Tanaman umbi garut tumbuh baik pada tanah gembur yang kaya humus dan drainase baik, di dataran rendah dengan ketinggian 60—90 mdpl dan curah hujan berkisar 1.500—2.000 mm/th. Tanaman umbi garut tidak tahan pada paparan sinar matahari tinggi sehingga perlu adanya naungan.

Umbi garut sebaiknya ditanam pada awal musim hujan, yakni sekitar Oktober. Umbi garut dapat dipanen ketika tanaman sudah berumur 10—12 bulan. Meskipun kandungan pati maksimal terdapat pada umur tanaman 12 bulan, pada umur tersebut umbi garut sudah banyak berserat sehingga cukup sulit untuk mengekstrak pati. Namun, apabila ingin dijadikan keripik atau emping, umbi garut sudah dapat dipanen sejak berumut 6—7 bulan.

Olahan utama umbi garut adalah tepung garut karena kandungan patinya cukup tinggi. Tepung garut selanjutnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai olahan makanan seperti kue basah dan kue kering. Selain tepung, umbi garut juga banyak diolah menjadi emping garut.

Baca Juga:  Mengulik Manfaat Pohon Sengon untuk Kesehatan

Emping garut memiliki wujud yang mirip emping melinjo, tetapi emping umbi garut lebih sehat dan memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Manfaat lain dari umbi garut ini adalah dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan antara lain untuk obat disentri, obat eksim, dan obat penyembuh borok. Selain itu, umbi garut juga berguna untuk menurunkan demam, memperbanyak ASI, mengatasi diare, serta mengobati tapal luka dari serangan panah beracun. Tidak hanya itu, perasan umbi garut juga dapat dijadikan penawar racun ular dan sengatan lebah.

Loading...
Loading...