Manfaat Daun Antanan Ampuh Usir Berbagai Penyakit


Pertanianku Manfaat daun antanan dipercaya mampu mengatasi berbagai penyakit. Antanan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Jenis antanan yang banyak dijumpai adalah antanan merah dan antanan hijau.

Manfaat daun antanan
Foto: Google Image

Berikut ini beberapa manfaat daun antanan untuk kesehatan dan cara penggunaannya yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengobati darah tinggi

Daun antanan segar sebanyak satu genggam kemudian ditambahkan air 3 gelas sampai sisanya menjadi  3/4. Lalu, hasil pengolahan ramuan ini kemudian diminum satu hari 3 kali.

  1. Mengobati demam

Ramuan dari daun antanan untuk mengobati demam ini dibuat dengan cara tumbuk sampai halus 1 genggam daun antanan segar, kemudian tambahkan sedikit garam dan air. Setelah semua tercampur merata, saring campuran tersebut lalu minum airnya di waktu pagi setelah bangun tidur.

  1. Menambah nafsu makan

Daun antanan dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan pada anak atau orang dewasa. Caranya, rebus segenggam daun antanan segar yang sebelumnya telah ditambahkan air sebanyak 2 gelas. Durasi merebusnya kira-kira air yang tersisa tinggal 1 gelas. Selanjutnya, minum air rebusan 1 kali sehari

  1. Mengobati mata bengkak dan memerah

Cara mengobatinya kita membuat obat tetes mata dari daun antanan. Daun antanan segar dicuci sampai bersih, kemudian lumatkan sampai lembut. Peras lumatan daun antanan segar tadi, lalu peras dan saring airnya. Nah, air perasan ini yang kemudian kita jadikan obat tetes. Penggunaannya, kita teteskan ke mata yang sakit sebanyak 3—4 kali sehari.

  1. Pembengkakan hati (liver)

Daun antanan juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit liver. Caranya, ambil 240 gram—600 gram antanan segar, kemudian direbus. Setelah dingin, air rebusannya minum secara rutin.

  1. Mengobati wasir
Baca Juga:  Cara Paling Efektif Konsumsi Alpukat untuk Ibu Hamil

Cara pembuatan ramuannya adalah ambil 3—5 batang antanan sekaligus akar antanan. Tambahkan air putih 2 gelas dan rebus selama kurang lebih 15 menit. Air rebusan ini kemudian diminum secara rutin.

  1. Mengobati gangguan pencernaan

Nutrisi yang terkandung di dalam daun antanan berkhasiat membersihkan darah, tukak darah serta dapat memperbanyak empedu. Bagaimana penyajianya? Cukup dikukus untuk kemudian dijadikan lalapan.