Manfaat Daun Asam Bagi Kesehatan Ternyata Mengejutkan, Lho!

Pertanianku — Daun asam sangat kaya kaya saponin, flavonoida, dan tannin. Oleh karena itu, manfaat daun asam sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, dalam daun asam terdapat sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan juga analgesik yang sangat membantu Anda dalam mengatasi beragam masalah kesehatan seperti berikut ini.

manfaat daun asam
Foto: Google Image

1. Melunturkan lemak

Kandungan senyawa flavonoida dalam daun asam sangat bermanfaat membantu meluruhkan lemak dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Loading...

2. Menyembuhkan penyakit kuning

Kandungan dalam daun asam membantu memperbaiki fungsi hati dan empedu sehingga penyakit kuning bisa segera sembuh.

3. Membantu penderita malaria

Daun asam mengandung antibakteri dan beragam nutrisi lainnya yang bermanfaat menghambat perkembangan plasmodium falciparum.

4. Mengobati diabetes

Daun asam membantu merangsang produksi insulin ke dalam darah sehingga kadar gula darah lebih terkontrol.

5. Mengatasi kram perut karena menstruasi

Sering mengalami kram perut saat menstruasi? Daun asam memiliki sifat analgesik sehingga bermanfaat meredakan nyeri dan kram perut saat menstruasi. Caranya, cukup rebus daun asam, saring airnya dan tambahkan madu atau gula secukupnya. Minum secara rutin sebelum dan saat menstruasi.

6. Mengatasi peradangan

Ketika mengalami peradangan, Anda bisa memanfaatkan minuman sinom untuk pengobatan dari dalam. Daun sinom memiliki sifat anti-inflamasi sehingga akan membantu mengatasi masalah peradangan atau nyeri sendi.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan anti-oksidan dalam daun asam bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan virus dan infeksi penyakit. Caranya mudah, cukup rebus daun asam hingga mendidih, saring lalu tambahkan madu atau dengan menjadikannya sebagai jus.

Baca Juga:  Hati-hati, Ini Bahaya Ikan Asin untuk Kesehatan
Loading...
Loading...