Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan


Pertanianku — Pohon bidara adalah jenis pohon yang termasuk dalam kelas semak yang dapat tumbuh subur di berbagai wilayah. Tahukah Anda, manfaat daun bidara ternyata sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Di beberapa negara seperti Cina dan India, pohon bidara diambil daun dan buahnya untuk dimanfaatkan sebagai obat-obatan.

manfaat daun bidara
Foto: Google Image

Daun dari pohon bidara berbentuk lingkaran atau elips kecil dan berwarna hijau dengan permukaan yang mengilap. Semua bagian daun memiliki garis-garis yang terlihat sangat jelas.

Berikut ini manfaat daun bidara.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Luka yang disebabkan oleh jatuh, lecet, atau luka gores ternyata bisa disembuhkan dengan daun bidara. Senyawa anti-inflamasi di dalamnya mampu membuat kulit yang terluka lebih cepat sembuh. Obat luka itu dibuat dari daun bidara kering yang sudah diolah menjadi bubuk. Campurkan daun bidara dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada bagian yang terluka.

  1. Merawat kulit kering

Kulit wajah kering sering menyebabkan rasa tidak percaya diri. Selain itu, kulit kering lebih terlihat kusam dan tidak terawat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memakai masker dari daun bidara. Cara membuatnya, hancurkan daun bidara yang masih hijau dan segar. Campur dengan sedikit air. Setelah jadi, gunakan masker ini ke bagian wajah, tangan, ataupun kaki.

Masker juga bisa dicampur dengan madu atau perasan jeruk lemon. Bersihkan dengan air hangat dan berikan pelembap sesuai dengan jenis kulit Anda. Lihat hasil perubahan kulit Anda setelah 3—4 kali pemakaian.

  1. Mengatasi gejala depresi

Daun bidara efektif untuk mengatasi rasa cemas yang sering muncul sebagai gejala depresi. Senyawa yang dihasilkan dari ekstrak daun bidara mampu memberikan efek nyaman. Bahkan, pengobatan ini telah diteliti oleh sebuah lembaga penelitian farmasi dan keluar dalam jurnal Ethnopharmacology edisi 2001.

  1. Mencegah diabetes
Baca Juga:  Manfaat Sari Buah Nanas Menakjubkan! Bisa Lawan Difteri

Kandungan senyawa yang ditemukan dalam daun bidara kering ternyata mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Daun bidara kering yang dikonsumsi seperti teh bisa menstabilkan kadar gula dalam darah dan mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Daun bidara kering memberikan efek yang sangat baik bagi orang yang memiliki nafsu makan rendah. Senyawa dan aroma menyegarkan pada daun bidara mampu membuat seseorang bisa meningkatkan nafsu makan. Pemakaian daun bidara untuk meningkatkan nafsu makan juga bisa digunakan untuk masa pemulihan setelah sakit.

loading...
loading...