Manfaat Daun Cincau Hijau yang Ampuh Atasi Masalah Lambung


Pertanianku — Daun cincau merupakan tanaman oriental yang sering dijumpai di daerah Asia khususnya Indonesia. Daun ini sering dibuat sebagai olahan minuman yang menyegarkan, seperti es campur atau ice cream green cincau. Disamping itu, ternyata manfaat daun cincau hijau sangat baik untuk kesehatan lambung.

manfaat daun cincau hijau
Google Image

Cincau sejatinya memiliki kadungan gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia. Dalam 100 gram cincau hijau terkandung energi sebesar 122 kkal, protein 6%, lemak 1%, karbohidrat 26%. Selain itu, daun cincau hijau juga mengandung serat kasar 6,23%, kalsium 0,1%, fosfor 0,1%, besi 0,0033%, vitamin A 107,50 (SI), vitamin B1 80 mg, dan vitamin C 17 mg.

Secara khusus, daun cincau hijau sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung klorofil. Zat klorofil tersebut dapat berfungsi sebagai zat anti-oksidan, antiperadangan, dan antikanker.

Bagi penderita penyakit tukak lambung, atau yang memiliki masalah lain seperti asam lambung sering naik, daun cincau hijau sangat cocok digunakan untuk menyembuhkan kedua penyakit tersebut.

Mengapa demikian? Sebab daun cincau hijau memiliki zat antiperadangan yang baik untuk mengecilkan luka pada lambung (tukak) dan menormalisasi asam lambung. Tujuannya, agar tidak terjadi kenaikan volume asam yang sering menyebabkan perih, mual, atau sensasi panas yang ditimbulkan.

Disamping itu, kandungan anti-oksidan fenolik yang terkandung di dalamnya juga dapat mencegah kerusakan akibat oksidasi makanan di dalam lambung. Sehingga, racun-racun yang ada dalam makanan bisa larut sebagai zat sampah yang tidak dicerna oleh lambung.

Baca Juga:  Kementan Siapkan Langkah Hadapi Kemarau untuk Jaga Produksi Beras
loading...
loading...