Manfaat Daun dan Biji Buah Avokad

Pertanianku – Masyarakat indonesia sudah sejak dulu telah melakukan serangkaian upaya penanggulangan penyakit menggunakan bahan-bahan dari alam sebagai pengobatan tradisional. Salah satunya yaitu memanfaatkan daun avokad untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bagian tanaman avokad yang banyak dimanfaatkan adalah buahnya, yaitu sebagai buah segar dan dibuat minuman seperti jus atau dikombinasikan dengan buah lain menjadi es buah, es campur, atau es teler. Daging buah avokad digunakan oleh masyarakat Eropa sebagai bahan pangan yang diolah dalam berbagai masakan. Misalnya, sebagai bahan campuran cake, salad, atau makanan lainnya.

avokad

Sedangkan untuk biji buah avokad dapat digunakan sebagai obat maag dengan cara diparut dan disaring sebelum diminum. Kemungkinan di dalam biji avokad terdapat komponen aktif yang mampu menetralkan asam lambung yang terlalu tinggi. Selain itu, bijinya juga diketahui dapat digunakan sebagai antiradang, menghilangkan rasa sakit, menyembuhkan sariawan mulut, mengobati sakit gigi, mengatasi diabetes mellitus dan kencing manis. Bubuk biji avokad dapat menyembuhkan bengkak karena radang. Bijinya juga digunakan dalam industry pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur.

Loading...

Bagian lain tanaman avokad yang dapat dimanfaatkan adalah daunnya. Daun muda di beberapa daerah digunakan sebagai obat tradisional seperti obat batu ginjal dan rematik. Daun avokad juga diketahui bersifat melancarkan air seni dan antibakteri. Daun pada urutan tertentu (tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua) sering digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan lemak darah (kolesterol, LDL, dan trigliserida).

 

 

Sumber: Buku Khasiat Ajaib Daun Avokad

Baca Juga:  Dulang Miliaran Rupiah dari Menanam Pisang di Sawah
Loading...
Loading...