Manfaat Daun Inai yang Dipandang Sebelah Mata

    Pertanianku — Daun inai oleh masyarakat Indonesia lebih sering dijuluki sebagai daun pacar. Belum banyak yang tahu bila ternyata daun dari tanaman inai memiliki banyak manfaat. Manfaat daun inai sendiri tidak hanya bagi kecantikan, tetapi juga kesehatan.

    manfaat daun inai
    foto: pixabay

    Tanaman inai memiliki nama ilmiah Lawsonia inermis. Biasanya, daun inai digunakan sebagai pewarna kuku alami atau kutek. Tak hanya itu, daun inai juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut. Tanaman ini tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga India, yakni diberi nama mehndi. Kini, sudah mulai bermunculan produk kosmetik dan kecantikan berbahan dasar daun inai.

    Cara penggunaan daun inai untuk mewarnai rambut adalah dengan mencampurkan daun ini dengan sedikit minyak kelapa. Tidak hanya memberikan warna yang indah, daun inai juga dapat merawat rambut dan kulit kepala menjadi lebih sehat. Rambut rontok, ketombe, dan kulit kepala gatal dapat diatasi dengan daun ini.

    Loading...

    Tidak hanya baik bagi rambut dan kuku, manfaat daun inai juga dapat dirasakan oleh penderita peradangan sendi dan rematik. Minyak dari daun inai mengandung senyawa yang baik untuk mengobati penyakit ini, misalnya adalah lawaritol dan isoplumbagin.

    Efek yang diberikan oleh senyawa lawaritol dan isoplumbagin ini mirip dengan fenilbutazon. Zat ini dikenal sebagai obat anti-inflamasi. Cara penggunaannya pun sederhana yakni dengan mengoleskan minyak daun inai ke area tubuh yang sedang meradang dan merasa sakit. Sakit pun akan berkurang.

    Sifat anti-inflamasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit akibat menstruasi pada perempuan. Di India, penggunaan daun inai sebagai obat rasa sakit pada wanita ini sudah lama dikenal. Resep daun inai pun diturunkan dari generasi ke generasi.

    Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

    Daun inai juga mengandung anti-oksidan sehingga baik bagi kulit untuk mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu, zat lain yang terkandung dalam daun inai adalah astringen yang juga baik untuk mencegah penuaan dini. Astringen dipercaya dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga mampu mencegah keriput.

    Manfaat daun inai tidak berhenti di situ, daun ini juga dapat meredakan demam dan mengurangi suhu tinggi. Hal ini berkat kandungan phytol dalam daun. Selain itu, daun inai juga baik bagi penderita insomnia karena memiliki efek yang menenangkan dan mengurangi sakit kepala.

     

    Loading...
    Loading...