Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan


Pertanianku Manfaat daun jarak memang sangat baik sebagai tanaman herbal. Sejak dulu, tanaman jarak sudah menjadi rebutan para penjajah. Karena itu, tanaman yang dikenal sebagai apotik hidup ini banyak dicari dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Manfaat daun jarak
Foto: Google Image

Selain dikembangkan menjadi bahan bakar, daun jarak telah banyak digunakan untuk pengobatan herbal. Berikut ini beberapa khasiat daun jarak untuk mengobati berbagai penyakit.

  1. Mengatasi sembelit

Daun jarak yang masih segar dikukus dan dapat dimakan sebagai lalapan pada makanan Anda. Hal ini efektif sekali untuk mengatasi sembelit.

  1. Meredakan demam pada bayi

Ambil 2 sampai 3 helai daun jarak yang sudah bersih. Kemudian, olesi minyak goreng yang masih baru. Panaskan daun di atas api kompor kurang lebih 2 menit sampai panas terasa merata. Letakkan daun pada perut dan punggung bayi atau agar tidak mudah lepas, dapat dipasangkan dalam gurita bayi.

  1. Mengobati kurap

Cuci daun jarak dengan air dan rendam dalam minyak kelapa selama beberapa jam, lalu panaskan. Terapkan di atas kulit yang terkena dampak dan tutup dengan kain katun. Tunggu hingga semalaman sebelum dibuka. Ulangi prosedur ini sampai sembuh sepenuhnya.

  1. Ampuh mengobati rematik

Jika Anda mengalami rematik, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan daun jarak sebagai pengobatan tradisional. Caranya cukup mudah, sediakan 5—8 lembar daun jarak. Tumbuk halus dan campurkan dengan sedikit air hangat. Kemudian, oleskan pada lokasi rematik atau masalah kulit seperti eksim. Lakukan 3 kali sehari.

Baca Juga:  Buah-Buahan Ajaib Ini Bisa Cegah Kanker
loading...
loading...