Manfaat Daun Jati Belanda


Peretanianku – Indonesia terkenal dengan tanaman obatnya yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit secara alami. Saat ini pengobatan herbal semakin dilirik karena efek samping yang lebih rendah daripada obat-obatan kimia yang selama ini ada di pasaran.

Manfaat Daun Jati Belanda

Salah satu tanaman yang dimanfaatkan adalah jati belanda. Biasanya, bagian daunnya yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat atau ramuan. Khasiat daun ini telah teruji untuk mengatasi risiko diare, manurunkan berat badan, hingga menekan kenaikan kolesterol.

Sejak dahulu, masyarakat jawa sudah menggunakan rebusan daun ini untuk melangsingkan badan. Tidak heran, mengapa produsen jamu modern kini banyak yang menggunakan ekstrak daun jati belanda sebagai bahan dasar ramuan pelangsing.

Tanaman dengan nama latin guazuma ulmifolia ini biasanya memiliki tinggi kurang lebih sekitar 10 meter. Batangnya mempunyai tekstur keras, permukaannya kasar, bercabang ranting dan warnanya hijau keputihan. Daunnya tunggal berbentuk bulat telur sampai dengan lonjong. Permukaan daunnya kasar dan tepinya bergerigi. Ujung daun runcing serta pangkalnya berlekuk. Panjang daunnya hanya sekitar 10–16cm.

Selain daunnya, kulit kayu dan buahnya pun bermanfaat. Jika daun digunakan untuk menurunkan berat badan, maka buahnya dapat digunakan sebagai obat untuk bronkhitis dan mengobati sakit perut atau kembung.

Baca Juga:  Rutin Makan Buncis Bisa Menambah Energi
loading...
loading...