Manfaat Daun Pandan yang Bisa Menenangkan Diri

Pertanianku — Pasti Anda sudah tidak asing dengan daun pandan, salah satu bumbu masakan yang dapat menambah aroma pada masakan menjadi lebih harum dan menggoda selera. Selama ini manfaat daun pandan hanya digunakan sebagai bumbu masakan, padahal daun ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya untuk menenangkan diri.

manfaat daun pandan
fotoL Pixabay

Pandan merupakan tumbuhan monokotil dari genus Pandanus. Di dunia setidaknya ada 600 jenis pandan dan pandan wangi merupakan jenis pandan yang paling sering dijadikan sebagai pewangi dan pewarna makanan. Tanaman pandan sangat mudah ditanam di pekarangan, bahkan tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh.

Di dalam daun pandan terdapat berbagai kandungan seperti alkaloid, saponin, flavoida, polifenol, tannin, dan zat warna. Selain itu, pandan juga bersifat tonikum atau perangsang nafsu makan dan penenang. Berikut ini beberapa resep ramuan herbal dari daun pandan.

Sebagai penenang saat gelisah

Gunakan daun pandan segar sebanyak 2 lembar, kemudian iris tipis-tipis daun pandan yang sudah dicuci bersih. Seduh potongan daun dengan 1gelas air panas. Setelah air seduhan dingin, saring air seduhan. Minum air seduhan sekaligus sebanyak 2—3 kali sehari hingga perasaan jauh lebih tenang.

Merawat luka bakar

Gunakan daun pandan secukupnya, kemudian cuci dan keringkan. Setelah itu, hancurkan daun dan gunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar ringan atau luka bakar yang disebabkan oleh sinar matahari. Kandungan asam tanat di dalam daun pandan dapat bermanfaat meredakan luka bakar ringan.

Mengatasi rasa nyeri pada sendi

Pandan sering digunakan pada pengobatan tradisional untuk menghilangkan rasa sakit, terutama pada radang sendi dan nyeri sendi. Minyak yang terbuat dari pandan mengandung fitokimia dalam jumlah yang tinggi. Fitokimia tersebut dapat meredakan gejala radang sendi. Selain itu, mampu meringankan rasa sakit kepala dan sakit telinga.

Baca Juga:  Menelisik Khasiat Jamur Maitake

Mengendalikan gula darah

Manfaat daun pandan lainnya yang tidak kalah penting adalah mengontrol kadar gula darah setelah makan. Beberapa penelitian menunjukkan orang yang minum teh pandan setelah makan memiliki kadar gula darah yang lebih rendah. Namun, penelitian tersebut masih memerlukan penelitian lanjutan untuk menemukan bukti yang lebih kuat.