Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Pertanianku — Daun pepaya sering diolah menjadi berbagai macam menu masakan tradisional yang nikmat. Namun, jika cara pengolahan yang dilakukan salah, rasanya akan sangat pahit. Daun pepaya paling sering direbus dan dijadikan bahan campuran pecel yang disiram dengan bumbu kacang. Di balik pahitnya, manfaat daun pepaya ternyata sangat berguna untuk menyembuhkan beberapa penyakit tertentu.

manfaat daun pepaya
foto: pertanianku

Daun pepaya bisa menjadi obat herbal alternatif yang mudah untuk dijumpai karena pohon pepaya relatif mudah untuk ditemui. Adanya manfaat daun pepaya untuk kesehatan disebabkan karena adanya kandungan enzim papain, alkaloid karpaina, pseudo karpain, glikosid, karposid, dan saponin. Sementara itu, getahnya mengandung papain kemokapain, lisosim, lipase, glutamin, dan siklotransferas.

Efek farmakologis yang dimiliki oleh daun pepaya adalah meredakan nyeri haid, mengobati jerawat, melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan, dan mengobati demam berdarah.

Loading...

Adapun buah pepaya sudah jelas sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Buah pepaya mengandung beta karoten, pectin, d-galaktosa, I-arabinosa, papain, papayotimin, dan vitokinose. Buah pepaya berkhasiat sebagai pencahar ringan, tak heran orang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar disarankan mengonsumsi buah pepaya. Selain itu, pepaya juga berkhasiat sebagai peluruh urine, melancarkan ASI, dan abortivium.

Buah pepaya matang dapat berkhasiat untuk memacu enzim pencernaan, peluruh empedu menguatkan lambung, dan anti-scorbut.

Selain daun dan buahnya, biji pepaya juga mengandung senyawa kimia berupa glukosida kasirin dan karpain. Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal dari tanaman pepaya adalah biji, akar, daun, dan buah.

Untuk meredakan demam, petiklah daun pepaya yang masih muda secukupnya dan tumbuk hingga mendapatkan sebanyak setengah gelas. Selanjutnya, tambahkan ¾ gelas air dan sedikit garam. Peras campuran tersebut dan saring. Minum cairan tersebut sebanyak 3 kali sehari dengan dosis yang sama. Lakukan pengobatan ini secara rutin 5 hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga:  Waspada! Serangga Biji Kakao Menyerang Saat Penyimpanan

Untuk menyembuhkan jerawat, gunakan 2—3 daun pepaya yang sudah dijemur hingga layu. Tumbuk hingga halus dan tambahkan 30 ml air matang dan aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut sebagai masker.

 

Loading...
Loading...